APLIKASI DAPODIKDASMEN 2018.B (PATCH 1.0 APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2018.B)
Aplikasi Dapodik 2018.b atau Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b |
Pengumuman Update Dapodik: Patch 1.0 Aplikasi Dapodikdasmen Versi2018.b telah Dirilis.
Patch1.0 Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b dirilis untukmengatasi permasalahan bugs Aplikasi Dapodikdasmen. Sekolah diharapkan tetapmengisi data yang masih dapat dikerjakan dan segera melakukan sinkronisasi.
RILIS PATCH 1.0 APLIKASIDAPODIKDASMEN VERSI 2018.B
Untuk menjawab keluhan paraOperator Sekolah, Admin Dapodikdasmen telah merilis fiture perbaikan padaaplikasi dapodikdasmen versi 2018. Fitur ini dinamakan PATCH 1.0 APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2018.B. Berikut ini Kutipaninformasi terkait rilis PATCH 1.0APLIKASI DAPODIKDASMEN VERSI 2018.B. yang dikutip dari laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Assalamu’alaikumwarahmatullahi wabarakatuh
Pada tanggal 30 Januari 2018telah dirilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b, dimana dilakukan pembaruandi beberapa fitur dan perbaikan dari versi sebelumnya. Aplikasi DapodikdasmenVersi 2018.b telah melalui serangkaian pengujian sebelum dirilis, namundemikian setelah dirilis dan digunakan pada saat ini dilaporkan temuanbeberapa bugs pada aplikasi, kami mohon maaf atas ketidaknyamananini.
Menindaklanjuti adanyalaporan-laporan tersebut, tim pengembang telah melakukan perbaikan bugs padaaplikasi dan saat ini dirilis dalam bentuk aplikasi PATCH 1.0 untukAplikasi Dapodikdasmen 2018.b. Kami sangat meng-apresiasi peran aktif dari paraOperator Dapodik yang telah melaporkan temuan-temuannya, dimana laporan inisangat berharga dan dibutuhkan oleh tim pengembang dalam melakukan pembenahanAplikasi Dapodikdasmen.
Adapun pembaruan danperbaikan yang dilakukan pada Patch 1.0 adalah sebagai berikut:
· [Pembaruan] Panambahan tampilan infojumlah agregat pada beranda
· [Perbaikan] Perbaikan security aplikasi
· [Perbaikan] Perbaikan bugs ketikamenambah prasarana
· [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika ubahrombongan belajar
· [Perbaikan] Perbaikan pengisian kelompokmata pelajaran Wajib (Tambahan)
Untuk melakukanupdate/pembaruan Patch 1.0 pada Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b dapat dilakukandengan cara sebagai berikut:
1. Unduh dan Install Patch1.0
Bagi sekolah yang telahmenggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b dapat melakukan pembaruan Patch1.0 secara manual, langkah-langkahnya sebagai berikut:
· Unduh file PATCH 1.0 pada menu unduhan lamandapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
· Lakukan installasi sampai dengan selesai.
· Lakukan refresh (Ctrl + F5).
2. Pembaruan Online
Bagi sekolah yang telahmenggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b juga dapat melakukan pembaruanPatch 1.0 secara ONLINE, langkah-langkahnya sebagai berikut:
· Pastikan komputer terkoneksi internet.
· Silahkan login pada Aplikasi DapodikdasmenVersi 2018.b
· Masuk pada menu Pengaturan, CekPembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.
· Maka ditampilkan keterangan bahwa PembaruanTersedia. Pembaruan Tersedia (Patch 1.0) Apakah Anda ingin melanjutkan?Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!
· Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akanmelakukan update pembaruan.
· Setelah proses selesai, klik tombol “Muatulang halaman sekarang”.
· Jika diperlukan, lakukan refresh (Ctrl + F5).
3. Bagi yang masihmenggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.a
Bagi sekolah yang masih menggunakanAplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.a, maka lakukan langkah-langkah sebagaiberikut:
· Uninstall Aplikasi Dapodikdasmen versi2018.a, kemudian install Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.b
· Setelah berhasil melakukan pembaharuan keApikasi Dapodikdasmen 2018.b, lanjutkan dengan melakukan installasi PATCH1.0 (dapat menggunakan cara manual atau update on line sebagaimana penjelasanpada poin no.1 dan no.2 diatas).
· Lakukan proses registrasi dengan mengikutipetunjuk penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b.
HARA PERHATIAN:
· Pada saat registrasi offline pada AplikasiDapodikdasmen DILARANG MENGGUNAKAN PREFILL LAMA. Gunakan prefill dengan MENGUNDUHPREFILL BARU setiap akan melakukan registrasi.
· Prioritas penggunaan titik koordinat alamatadalah untuk peserta didik tingkat kelas 6 dan kelas 9, mengingat aksespenggunaan titik koordinat hanya dibatasi 25.000 akses pencarian per hari.
· Jika ada pesan error, penentuan titikkoordinat tetap dapat dilakukan dengan menggeser posisi map (tidak melaluipencarian)
Demikian informasi yang kamisampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Link Unduhan:
Link Installer AplikasiDapodik versi 2018.b
LINK PREFILL
==============================
Info Sebelumnya tentang Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.Tepat tanggal 30 Januari 2018 Aplikasi Dapodik 2018.b atau Aplikasi dapodikdasmen 2018.b resmi dirilis. Berikut ini pemberitahuann rilis resmi Aplikasi Dapodikdasmen 2018.18 yang disampaikan Tim Admin Dapodikdasmen dalam laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.
Puji syukur Alhamdulillah,Tim Dapodikdasmen telah menyelesaikan proses pengujian Aplikasi Dapodikdasmenversi baru, yaitu Dapodik versi 2018.b atau (Dapodikdasmen 2018.b) Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.bterdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru,pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, sertaperbaikan beberapa bugs versi sebelumnya. Pembenahan-pembenahantersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan jugaupaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, sertamenyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untukberbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
AplikasiDapodikdasmen versi 2018.b telah menggunakan database versi baru,maka secara teknis Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2018.a) tidak dapatlangsung di upgrade ke Dapodikdasmenversi 2018.b, akan tetapi harus melakukan install ulang. Olehkarenanya Aplikasi Dapodikdasmen Versi2018.b hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER (tidak ada versi UPDATER).
Berikut adalah daftarperubahan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018:
· [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahandata penugasan GTK, perubahan hanya melalui Dinas Pendidikan (KK-Datadik)
· [Pembaruan] Penambahan validasipengecekan kewajaran data pada GTK dengan status penugasan induk di sekolahnegeri namun status kepegawaian sebagai GTY
· [Pembaruan] Penambahan validasipengecekan kewajaran data pada peserta didik antara tanggal masuk sekolahdengan jenis pendaftaran
· [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahandata GTK jika status satuan administrasi pangkal (SATMINKAL) ada di sekolah noninduk
· [Pembaruan] Penambahan validasi padajenjang SMA dan SMK untuk Wakil Kepala Sekolah mengikuti rasio rombel (1:9)
· [Pembaruan] Penambahan fitur tampilkanpassword ketika buat akun GTK
· [Pembaruan] Penambahan validasi untukmengecek mata pelajaran yang diajarkan diluar struktur kurikulum yang berlaku
· [Pembaruan] Pencegahan perubahan tingkatpendidikan, kurikulum dan jurusan pada rombongan belajar jika pembelajaransudah terisi
· [Pembaruan] Penambahan kolom lintang danbujur pada PTK
· [Pembaruan] Penambahan kolom lintang danbujur pada Peserta Didik
· [Pembaruan] Pengaktifan kurikulum 2013untuk semua jenjang pendidikan
· [Pembaruan] Perubahan menu utama
· [Pembaruan] Penambahan pada rombonganbelajar untuk mengakomodir sistem Satuan Kredit Semester (SKS)
· [Pembaruan] Penambahan fitur konfirmasidan cetak surat mutasi peserta didik
· [Pembaruan] Penambahan fitur cekinformasi terkait profil guru dan tendik
· [Pembaruan] Perubahan, penyesuaian danpenyempurnaan struktur database dengan UI pada aplikasi
· [Pembaruan] Penambahan fitur perubahankop sekolah
· [Perbaikan] Pengaktifan kembali menunilai
· [Perbaikan] Perbaikan, penyesuaian danpenyempurnaan fitur penginputan nilai
· [Perbaikan] Perbaikan security aplikasi
· [Perbaikan] Optimalisasi aplikasi
· [Perbaikan] Perbaikan bugs ketikamenambah mata pelajaran untuk jenjang SMA
· [Perbaikan] Perbaikan pengisian rombelpraktik untuk jenjang SMK
Untuk itu kepada segenapBapak/Ibu Kepala Sekolah untuk segera menugaskan Operator Dapodik untukmelakukan instalasike Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018.b dan melakukanpemutakhiran data Tahun Ajaran 2017/2018 Semester Genap.
Demikian informasi yang kamisampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Link Unduhan Aplikasi Dapodik 2018.b (AplikasiDapodikdasmen 2018.b) Aplikasi Dapodik 2019 (Aplikasi Dapodikdasmen 2019)
Link Unduhan Link Prefill Aplikasi Dapodik 2018.b (AplikasiDapodikdasmen 2018.b) Aplikasi Dapodik 2019 (Aplikasi Dapodikdasmen 2019)
Berikut ini penjelasan DeskripsiPerubahan Aplikasi Dapodik AplikasiDapodik 2018.b atau Dapodikdasmen Versi 2018.b.
1) [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data penugasan GTK, perubahan hanya melalui Dinas Pendidikan (KK-Datadik)
Penambahan fitur ini untuk meminimalisir kesalahan input data penugasan GTK khususnya untuk guru yang mengajar di lebih dari satu sekolah. Jika ada perubahan penugasan GTK hanya bisa dilakukan pada Aplikasi ManajemenDinas Pendidikan (KK-Datadik) setempat.
2) [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekankewajaran data pada GTK dengan status penugasan induk di sekolah negeri namunstatus kepegawaian sebagai GTY GTK dengan status penugasan induk di sekolah negeri namun memiliki status kepegawaian GTYakan menyebabkan invalid pada menu validasi lokal. Diharapkan sekolah dapat memeriksa kembali isian data milik GTK tersebut. Jika belum ada perubahan, sekolah tidak dapat melakukansinkronisasi.
3) [Pembaruan] Penambahan validasi pengecekankewajaran data pada peserta didik antara tanggal masuk sekolah dengan jenispendaftaran
Pada Aplikasi Dapodik 2018.b atau Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b, Fitur ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan penginputan tanggal masuk peserta didik. Validasi ini membandingkan isian tanggal masuk sekolah dengan jenis pendaftaran yang terdapat pada tabel registrasi pesertadidik.
4) [Pembaruan] Penonaktifan untuk perubahan data GTK jika status satuan administrasipangkal (SATMINKAL) ada di sekolah non induk
Fitur ini ditambahkan agar data yang dikirimkan konsisten khususnya bagi guru yang mengajar di lebih dari 1sekolah/satminkal. Perubahan identitas pokok hanya bisa dilakukan melalui sekolah induk. Adapun di sekolah non induk hanya bisa mengisi penugasan, pembelajaran, tugas tambahan dan nilai.
5) [Pembaruan] Penambahan validasi pada jenjangSMA dan SMK untuk Wakil Kepala Sekolah mengikuti rasio rombel (1:9)
Validasi ini ditambahkanuntuk mengakomodir rasio jumlah wakil kepala sekolah dengan jumlah rombel yangdi sekolah tersebut khusus untuk jenjang SMA dan SMK. Tiap 9 (sembilan) rombelberbanding dengan 1 (satu) wakil kepala sekolah.
1-2 rombel = wakil kepala sekolah tidak diakui
3-9 rombel = 1 wakil kepala sekolah
10-18 rombel = 2 wakilkepala sekolah
19-27 rombel = 3 wakilkepala sekolah
>27 rombel = 4 wakil kepala sekolah
6) [Pembaruan] Penambahan fitur tampilkan passwordketika buat akun GTK
Fitur ini ditambahkan untuk memudahkan pengguna dalam pengisian password pada fitur akun GTK yang terdapat di tabel penugasan. Fitur inidapat menampilkan password yang tersembunyi.
7) [Pembaruan] Penambahan validasi untukmengecek mata pelajaran yang diajarkan diluar struktur kurikulum yang berlaku
Validasi ini ditambahkan untuk meminimalisir penginputan mata pelajaran yang tidak seharusnya berada pada struktur kurikulum yang berlaku diaplikasi dapodik. Hal ini juga dimaksudkan untuk mencegah penginputan data menggunakan aplikasi diluar aplikasidapodik.
8) [Pembaruan] Pencegahan perubahan tingkat pendidikan, kurikulum dan jurusan pada rombonganbelajar jika pembelajaran sudah terisi
Hal ini dilakukan untukmeminimalisir manipulasi data. Dengan adanya pembaruan ini, rombongan belajar yang sudah terisi pembelajarannya tidak dapat diubah tingkat pendidikan, kurikulum dan isian jurusan. Jika pengguna memaksa melakukan hal tersebut, maka akan tampil peringatan sepertigambar berikut.
Jika pengguna ingin mengubah tingkat pendidikan, kurikulum, dan isian jurusan maka pengguna wajib mengosongkan pembelajaran dengan caramenghapus satu persatu isian pembelajaran.
9) [Pembaruan] Penambahan kolom lintang danbujur pada GTK
10) [Pembaruan] Penambahan kolom lintang danbujur pada Peserta Didik
Penambahan pengisian kolom lintang dan bujur pada peserta didik bertujuan untuk mengukurjarak tempuh tempat tinggal peserta didik dengan sekolah dan untuk mengakomodir kebijakan zonasi pada aturan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sesuai Peraturan Menteri Pendidikan No. 17 Tahun 2017. Prosedur pengisian lintang dan bujur pada peserta didik adalahsebagai berikut:
a) Pilih peserta didik yang akan diisi, kliktombol Ubah.
b) Maka akan tampil jendela Edit Peserta Didik.
c) Klik tombol Buka Peta Koordinat untuk melihattitik tempat tinggal siswa peserta didik. Pastikan komputer terkoneksi internet jika ingin menggunakan fitur ini.
d) Untuk memudahkan pencarian titik koordinat, isi kolom Cari Lokasi lalu tekan Enter. Pilih titik koordinat yang diinginkan, lalu klik PilihKoordinat dan klik Simpan & Tutup jendela.
11) [Pembaruan] Pengaktifan kurikulum 2013 untuksemua jenjang pendidikan
Pada Aplikasi Dapodik 2018.b atau Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b ini semua satuan pendidikan di semua jenjang diberikan kebebasan dalam memilih kurikulum sesuai dengan yang berlaku di masing-masing satuan pendidikan untuk mengubah kurikulum, lakukan perbaikan pada kolom kurikulum yang terdapat di tabulasi rombongan belajar. Sebagai contoh kami menggunakan jenjang SMA. Untuk mengganti dari kurikulum 2013 ke KTSP, pastikan Program PengajaranSatuan Pendidikan dipilih sesuai yang diinginkan, lalu pilih KTSP pada isiankurikulum.
Catatan: Pemilihan kurikulumdi semester ini akan berhubungan dengan pemilihan kurikulum di semesterselanjutnya. Jika di semester genap ini dipilih kurikulum 2013, maka semesterselanjutnya pengguna tidak bisa memilih KTSP.
12) [Pembaruan] Perubahan menu utama
Pembaruan ini dilakukan dalam penyesuaian dengan menu baru yang ditambahkan di versi 2018.b. Perubahan ini diantaranya: Begitu pulaPeserta Didik Non-Aktif saat ini disatukan ke menu utama Peserta Didik. Selanjutnya penambahan menu SKS (Satuan Kredit Semester) khusus untuk sekolah-sekolah yang sudah memberlakukan sistem SKS.
· Menu GTK Non- Aktif yang sebelumnyamemiliki menu terpisah, di versi ini menu tersebut disatukan ke menu utama GTK.
· Menu PD Keluar yang sebelumnya memiliki menu terpisah, di versi ini menu tersebut disatukan ke menu utama Peserta Didik.
· Menu Nilai Rapor dan Nilai US/USBN di Aplikasi Dapodik 2018.b atau Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b diaktifkan kembali di semester genap. Menu ini juga bisa dimanfaatkan dalam melakukan import data melalui aplikasi erapor.
· Menu Validasi Lokal dan Validasi Pusatdisatukan kedalam menu utama Validasi.
13) [Pembaruan] Penambahan pada rombongan belajaruntuk mengakomodir sistem Satuan Kredit Semester (SKS)
Dalam Peraturan MenteriPendidikan dan Kebudayaan No. 158 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan SatuanKredit Semester pada Pendidikan Dasar dan Menengah Pasal 1 menyebutkan bahwa Satuan Kredit Semester selanjutnya disebut SKS adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya menyepakati jumlah beban belajar yang diikuti dan/atau strategi belajarsetiap semester pada satuan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan belajarnya. Aplikasi Dapodik 2018.b atau Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b dapat mengakomodir bagi sekolah penyelenggara SKS. Untuk jenjang yang dapat menyelenggarakan program SKS adalah jenjang SMP dan SMA yang sudah mendapakan SK izinpenyelenggaraan SKS dari dinas pendidikan setempat. Pengisian Rombongan BelajarSKS pada menu tersendiri.
Perbedaan antara jenjang SMP dan SMA penyelenggara SKS adalah pada pengisian Program Pengajaran untuk SMA sementara SMP tidak perlu mengisi.
Aplikasi dapodik akan secaraotomatis memfilter bagi sekolah dengan jenjang SMA program pengajaran akanmuncul dan dapat dipilih, Sementara untuk SMP aplikasi Dapodikdasmen akan menonaktifkan kolom program pengajaran secara otomatis.
Proses pengisianPembelajaran dan Anggota Rombel masih sama seperti dengan pengisian pada Rombonganbelajar Reguler. Yang berbeda hanyalah pemahaman pengisian tingkat bagi Rombongan belajar SKS. Dijabarkan seperti berikut jika penyelenggaraannya sebanyak4 semester:
(Tingkat 7_SMP dan 10_SMA)untuk semester 1
(Tingkat 8_SMP dan 11_SMA)untuk semester 2
(Tingkat 9_SMP dan 12_SMA)untuk semester 3 dan 4
Penyelenggaraan program SKSsebanyak 6 semester:
(Tingkat 7_SMP dan 10_SMA)untuk semester 1 dan 2
(Tingkat 8_SMP dan 11_SMA)untuk semester 3 dan 4
(Tingkat 9_SMP dan 12_SMA)untuk semester 5 dan 6
14) [Pembaruan] Penambahan fitur konfirmasi dancetak surat mutasi peserta didik
Pembaruan ini adalah salah satu penyempurnaan perihal mutasi peserta didik. Pada aplikasiversi 2018.b ini, peserta didik yang mutasi akan otomatis dibuatkan suratmutasi berdasarkan isian Dapodikdasmen di sekolah asal. Langkah-langkah untuk melakukan cetak surat mutasipeserta didik adalah sebagai berikut:
1. Pilih peserta didik yang akan dimutasi, kliktombol registrasi dan isi registrasi keluar peserta didik tersebut.
2. Setelah mengisi registrasi keluar, segeralakukan sinkronisasi agar data lokal di sekolah sama dengan data di serverpusat.
3. Selanjutnya pada menu PD Keluar, pilihpeserta didik tersebut lalu klik tombol cetak surat mutasi.
4. Maka akan tampil jendela cetak surat mutasi.Status pertama adalah “Belum Melakukan Konfirmasi Cetak”. Untuk melakukan konfirmasi, klik tombol “Konfirmasi Cetak
5. Pilih Ya untuk melanjutkan. Pilih dengan hati-hati karena jika konfirmasi cetak selesaidilakukan, maka peserta didik tersebut tidak bisa dikembalikan menjadi pesertadidik aktif di sekolah tersebut.
6. Selanjutnya, jika sudah berhasil melakukan konfirmasi maka pengguna dapat melakukan cetak surat mutasi dengan cara klik tombol “Cetak Dokumen”.
7. Makaakan tampil jendela cetak surat mutasi. Atur sesuai dengan kebutuhan lalu klikprint.
15) [Pembaruan] Penambahan fitur cek informasiterkait individual guru
Fitur informasi individualguru diharapkan dapat mempermudah guru mengecek kesesuaian data yang telahdiinputkan di aplikasi Dapodikdasmen . Sebaiknya hal ini dilakukan sebelumoperator melakukan sinkronisasi agar data yang dikirimkan lebih terjamin kevalidannya. Untuk mengakses fitur ini, langkah yang perlu dilakukan adalah:
a. Pada menu Guru, pilih data guru yang akan dicek, lalu klik tombol Profil Guru.
b. Maka akan tampil jendela Profil Guru seperti gambar berikut. Jika ingin mencetaknya, klik tombol Cetak Dokumen yang berada diatas
c. Setelah itu klik print untuk mencetak melaluimesin printer di sekolah.
16) [Pembaruan] Perubahan, penyesuaian dan penyempurnaan struktur database dengan UI pada aplikasi.
Dengan adanya versi terbaru aplikasi yaitu Aplikasi Dapodik 2018.b atau Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b, maka diperlukan juga penyesuaian dan penyempurnaan struktur database dengan front-end(UI) aplikasi Dapodikdasmen agar memudahkanpengguna dalam melakukan penginputan. Di versi 2018.b ini, struktur databasesudah menggunakan versi 2.70.
17) [Pembaruan] Penambahan fitur perubahan kopsekolah
Dengan adanya fitur cetak surat mutasi peserta didik dan profil guru, maka dibutuhkan pula untuk mengubah kop default yang ada di aplikasisesuai dengan kop sekolah. FItur ini sudah tersedia di menu Pengaturan yang adadi Aplikasi Dapodik 2018.b atau Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b. Prosedur yang perlu dilakukan adalah:
a) Pilih menu Pengaturan, lalu pada menu GambarKop Sekolah klik tombol Ubah
b) Selanjutnya akan tampil jendela unggahanGanti Kop Sekolah, klik tombol Pilih
c) Selanjutnya akan tampil jendela FileExplorer. Pilih file gambar kop yang akan diunggah lalu pilih Open
d) Pastikan ukuran file gambar kop surat tidaklebih dari 2Mb. Untuk hasil yang maksimal, ukuran gambar kop yang disarankan adalah 700 x 300 px. Klik tombol Simpan untuk mengunggah.
e) Akan tampil proses unggah. Jika unggah telahselesai terproses, akan tampil notifikasi bahwa gambar kop sudah berhasilterunggah.
f) Setelah selesai, maka gambar kop surat yangberhasil terunggah akan otomatis tampil sebagai kop cetak surat mutasi pesertadidik dan profil guru.
18) [Perbaikan] Pengaktifan kembali menu nilai
Penginputan isian nilai untuk semester genap kembali diaktifkan. Untuk sekolah dengan jenjang SD menggunakan input nilai pada aplikasi Dapodikdasmen, sementara untukjenjang SMP/SMA/SMK menggunakan aplikasi erapor yang telah disediakan olehdirektorat pembinaan masing-masing. Hasil penginputan erapor dapat langsungdimasukkan atau tersinkronisasi dengan aplikasi Dapodikdasmen .
19) [Perbaikan] Perbaikan, penyesuaian danpenyempurnaan fitur penginputan nilai.
Menu penginputan nilai telah disempurnakan dan disesuaikan dengan keadaan dilapangan. Untuk jenjang SMP/SMA/SMK penyesuaian dilakukandengan aplikasi erapor. Sementara untuk jenjang SD penginputan tetap menggunakan aplikasi Dapodikdasmen .
20) [Perbaikan] Perbaikansecurity aplikasi
Untuk mencegah terjadinya manipulasi serta kerusakan data yang disebabkan penggunaan aplikasi diluar Dapodikdasmen. Pada Aplikasi Dapodik 2018.b atau Aplikasi Dapodikdasmen 2018.b system keamanan telah ditingkatkan agar pendataan lebih optimal danmenghasilkan data yang valid.
21) [Perbaikan] Optimalisasi aplikasi
Optimalisasi aplikasi Dapodikdasmen dasmen versi 2018.b dilakukan untuk menyempurnakan proses penginputan sertapengiriman data agar lebih valid dan mudah di pergunakan. Serta memperbaiki bagian dari aplikasi yang selama ini belum sempurna.
22) [Perbaikan] Perbaikanbugs ketika menambah mata pelajaran untuk jenjang SMA
Perbaikan aplikasiDapodikdasmen pada menu pembelajaranuntuk jenjang SMA saat menambah mata pelajaran diluar dari jam wajib.
23) [Perbaikan] Perbaikanpengisian rombel praktik untuk jenjang SMK
Beberapa Jenis rombel Praktik adalah sebagai berikut:
· Type 1:
1 mapel diampu oleh 1 orang guru ( belajar teori dan praktik pada 1 rombel yang sama)
· Type 2:
1mapel diampu oleh 2 orang guru ( guru A dan B), misal mapel dengan jjm max 6
· Type 3:
1mapel ( jjm max 6) diajar oleh 3 orangguru, 1 guru teori(guru A, jjm = 2) , 2 guru praktik (guru B dan C , jjm =4)
· Type 4
1Mapel ( jjm max = 10) diajarkan oleh 2orang guru, 1 guru teori ( Guru A, JJm = 4) , 1 guru praktik (guru B , JJM = 6)
===========================