Belakangan ini kita sering mendengar istilah soal HOTS. Sebenarnya apa itu HOTS? Bagaimana cara membuat dan melakukan penskoran? Untuk membahas hal ini, kita akan kupas satu persatu berikut ini.Latar BelakangMencetak generasi pada abad 21 dengan zaman yang sudah serba kompleks tidaklah mudah. Banyak kecakapan yang harus dikuasai generasi ini. Secara garis besar dibagi menjadi tiga, yaitu kualitas karakter, kompetensi, dan literasi.Untuk mencapai semua kecakapan ini diperlukan rangsangan berpikir bagi siswa. Salah satunya dengan memicu anak untuk memecahkan soal atau masalah yang memerlukan keterampilan berpikir.Pengertian Soal HOTSHOTS merupakan singkatan dari Higher Order Thinking Skills. Jika diterjemahkan maka berarti Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.Soal HOTS dapat diartikan sebagai soal yang mampu merangsang kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Tetapi juga mampu berpikir kritis dan kreatif.Soal dengan istilah-istilah yang sulit dan belum diketahui atau jarang digunakan belum tentu termasuk soal HOTS, jika tidak melibatkan proses menalar.Karakteristik Soal HOTSSoal-soal yang disusun secara HOTS memiliki beberapa karakteristik, diantaranya:Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami;Berbasis permasalahan kontekstual;Stimulus menarik;Tidak Familiar;Kebaruan.Tahapan Menyusun Soal HOTSMenganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.Menyusun kisi-kisi soal.Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal;Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.Tips Membuat Soal HOTSBeberapa tips yang bisa digunakan dalam menyusun soal:Diusahakan menggunakan konteks nyata yang mudah dipahami anak.Buat soal yang nyata dan ada dilingkungan anak untuk memudahkan anak dalam memahami konteks soal.Buat pertanyaan berdasarkan bagan atau gambar untuk merangsang anak berpikir kritis.Penggunaan bagan atau gambar dapat merangsang anak untuk berpikir lebih.Tanyakan alasan dari jawaban yang telah diberikan.Misalnya disajikan sebuah pernyataan, kemudian tanyakan apakah anak setuju atau tidak dengan pernyataan tersebut. Dilanjutkan dengan meminta alasannya.Gunakan variasi bentuk soal yang beragam.Variasi soal yang bisa digunakan berupa isian maupun pilihan ganda.Contoh Soal HOTSBerikut ini contoh soal yang dibuat berdasarkan kaidah berpikir Higher Order Thinking Skills.1. Bahasa IndonesiaKompetensi dasar: Memprediksi kejadian berdasarkan isi teks bacaan.Indikator soal: Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat memprediksi kejadian yang akan terjadi berdasarkan teks bacaan.Soal:Seorangwasit dalam pertandingan sepakbola membawa dua buah kartu, yaitu kartu kuningdan merah. Kartu kuning diberikan kepada pemain yang mendapat peringatan cukupkeras. Sementara itu, kartu merah diberikan kepada pemain yang melakukanpelanggaran keras atau telah mendapatkan dua kali kartu kuning dalam permainantersebut. Hukuman pemain yang diberi kartu merah adalah dikeluarkan darilapangan dan tidak boleh bermain dalam dua kali pertandingan berikutnya.Prediksi untuk melengkapi cerita di atas adalah ….A. Seorang wasit membawa dua kartu dalam pertandinganB. Jika pemain melanggar pemain lain akan langsung dikenai kartu merahC. Seorang pemain akan dikeluarkan dari pertandingan jika sudah mengantongi dua kartu kuningD. Seseorang akan dikeluarkan dari pertandingan sepakbola jika sudah mengantongi dua kartu merah2. MatematikaKompetensi dasar: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas segiempat .Indikator soal: Disajikan ilustrasi tentang bangun datar segiempat, peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar segiempat. Soal:Sebuah taman berbentuk persegi panjang. Panjang taman 300 m dan lebarnya setengah dari panjang taman. Di sekeliling taman tersebut dipasang lampu penerangan. Jarak antarlampu penerangan 25 m. Tempat duduk diletakkan mengelilingi taman dengan jarak 5 meter dari tepi luar. Jarak antartempat duduk 20 m. Selisih banyaknya tempat duduk dengan lampu penerangan adalah ….A. 43 buahB. 36 buahC. 17 buahD. 7 buah3. Ilmu Pengetahuan AlamKompetensi dasar: Menggunakan nalar untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar makhluk hidup.Indikator soal: Memprediksi perubahan yang akan terjadi pada ekosistem tertentu jika ada salah satu komponen rantai makanan yang punah atau berkembang pesat/ada predator lain yang datang. Soal:Di sebuah ekosistem sawah terdapat tikus, ular, padi, elang. Untuk meningkatkan hasil panen padi, petani banyak yang memelihara dan melatih burung hantu untuk menangkap tikus di sekitar persawahan. Hal tersebut menyebabkan …A. Elang terhindar dari kepunahan karena populasi ular menurunB. Populasi ular meningkat dan elang terhindar dari kepunahanC. Populasi ular menurun dan elang terancam punah D. Elang terancam punah karena populasi ular meningkatPedoman PenskoranDalam konteks penilaian untuk pembelajaran (assesment for learning), guru harus mengolah dan menganalisis setiap jawaban siswa baik yang kurang tepat maupun jawaban lainnya. Jawaban yang kurang tepat sekalipun seharusnya diberikan skor yang sesuaiHal ini sangat membantu guru untuk mengetahui kesulitan siswa (diagnostik) sehingga guru dapat menemukan cara yang efektif untuk memperbaiki proses pembelajaran.Untuk melengkapi materi yang ada pada halaman ini berikut ini kami sertakan file powerpoint yang didalamnya membahas lebih lanjut tentang soal HOTS disertai dengan contoh-contoh pengembangannya.Download Panduan Penyusunan Soal HOTS (459 KB)
Belakangan ini kita sering mendengar istilah soal HOTS. Sebenarnya apa itu HOTS? Bagaimana cara membuat dan melakukan penskoran? Untuk membahas hal ini, kita akan kupas satu persatu berikut ini.
Latar Belakang

Mencetak generasi pada abad 21 dengan zaman yang sudah serba kompleks tidaklah mudah. Banyak kecakapan yang harus dikuasai generasi ini. Secara garis besar dibagi menjadi tiga, yaitu kualitas karakter, kompetensi, dan literasi.Untuk mencapai semua kecakapan ini diperlukan rangsangan berpikir bagi siswa. Salah satunya dengan memicu anak untuk memecahkan soal atau masalah yang memerlukan keterampilan berpikir.
Pengertian Soal HOTS
HOTS merupakan singkatan dari Higher Order Thinking Skills. Jika diterjemahkan maka berarti “Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”.
Soal HOTS dapat diartikan sebagai soal yang mampu merangsang kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Tetapi juga mampu berpikir kritis dan kreatif.
Soal dengan istilah-istilah yang sulit dan belum diketahui atau jarang digunakan belum tentu termasuk soal HOTS, jika tidak melibatkan proses menalar.
Karakteristik Soal HOTS
Soal-soal yang disusun secara HOTS memiliki beberapa karakteristik, diantaranya:
- Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat dan memahami;
- Berbasis permasalahan kontekstual;
- Stimulus menarik;
- Tidak Familiar;
- Kebaruan.
Tahapan Menyusun Soal HOTS
- Menganalisis KD yang dapat dibuatkan soal HOTS.
- Menyusun kisi-kisi soal.
- Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual;
- Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. Butir-butir pertanyaan ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal;
- Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.
Tips Membuat Soal HOTS
Beberapa tips yang bisa digunakan dalam menyusun soal:
- Diusahakan menggunakan konteks nyata yang mudah dipahami anak.
Buat soal yang nyata dan ada dilingkungan anak untuk memudahkan anak dalam memahami konteks soal. - Buat pertanyaan berdasarkan bagan atau gambar untuk merangsang anak berpikir kritis.
Penggunaan bagan atau gambar dapat merangsang anak untuk berpikir lebih. - Tanyakan alasan dari jawaban yang telah diberikan.
Misalnya disajikan sebuah pernyataan, kemudian tanyakan apakah anak setuju atau tidak dengan pernyataan tersebut. Dilanjutkan dengan meminta alasannya. - Gunakan variasi bentuk soal yang beragam.
Variasi soal yang bisa digunakan berupa isian maupun pilihan ganda.
Contoh Soal HOTS
Berikut ini contoh soal yang dibuat berdasarkan kaidah berpikir Higher Order Thinking Skills.
1. Bahasa Indonesia
Kompetensi dasar:
Memprediksi kejadian berdasarkan isi teks bacaan.
Indikator soal:
Disajikan teks bacaan, peserta didik dapat memprediksi kejadian yang akan terjadi berdasarkan teks bacaan.
Soal:
Seorangwasit dalam pertandingan sepakbola membawa dua buah kartu, yaitu kartu kuningdan merah. Kartu kuning diberikan kepada pemain yang mendapat peringatan cukupkeras. Sementara itu, kartu merah diberikan kepada pemain yang melakukanpelanggaran keras atau telah mendapatkan dua kali kartu kuning dalam permainantersebut. Hukuman pemain yang diberi kartu merah adalah dikeluarkan darilapangan dan tidak boleh bermain dalam dua kali pertandingan berikutnya.
Prediksi untuk melengkapi cerita di atas adalah ….
A. Seorang wasit membawa dua kartu dalam pertandingan
B. Jika pemain melanggar pemain lain akan langsung dikenai kartu merah
C. Seorang pemain akan dikeluarkan dari pertandingan jika sudah mengantongi dua kartu kuning
D. Seseorang akan dikeluarkan dari pertandingan sepakbola jika sudah mengantongi dua kartu merah
2. Matematika
Kompetensi dasar:
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas segiempat .
Indikator soal:
Disajikan ilustrasi tentang bangun datar segiempat, peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar segiempat.
- Pada awal tahun pelajaran seperti sekarang ini, Bapak dan Ibu Guru kelas 4 diwajibkan membuat perencanaan sebagai panduan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan ini dituangkan dalam bentuk administrasi tertulis diantaranya RPP kelas 4 serta administrasi lain sesuai dengan kurikulum 2013.Selain RPP, Bapak dan Ibu Guru kelas 4 tetap mempersiapkan silabus, program tahunan, program semester, pemetaan KD, dan masih banyak lagi yang sesuai dengan kalender pendidikan tahun. Pada halaman ini kami ingin sedikit membantu memberikan referensi perangkat pembelajaran yang bisa diunduh dengan mudah.Administrasi Guru Kelas 4 Sesuai Kurikulum 2013Perangkat Pembelajaran yang dapat diunduh pada halaman ini mencakup KI dan KD, kalender pendidikan, silabus, program tahunan, program semester, dan RPP. Tidak cukup sampai disitu, disertakan juga kumpulan soal evaluasi baik itu tengah semester maupun semester yang bisa digunakan untuk alat evaluasi peserta didik.Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)KI dan KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (unduh)KI dan KD PPKn (unduh)KI dan KD Bahasa Indonesia (unduh)KI dan KD Matematika (unduh)KI dan KD Ilmu Pengetahuan Alam (unduh)KI dan KD Ilmu Pengetahuan Sosial (unduh)KI dan KD Seni Budaya dan Prakarya (unduh)KI dan KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (unduh)Pemetaan Kompetensi Dasar (KD)Pemetaan KD Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Pemetaan KD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Kalender PendidikanKalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Silabus Semester 1Silabus Tema 1: Indahnya Kebersamaan (unduh)Silabus Tema 2: Selalau Berhemat Energi (unduh)Silabus Tema 3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup (unduh)Silabus Tema 4: Berbagai Pekerjaan (unduh)Silabus Tema 5: Pahlawanku (unduh)Silabus Semester 2Silabus Tema 6: Indahnya Negeriku (unduh)Silabus Tema 7: Cita-Citaku (unduh)Silabus Tema 8: Tempat Tinggalku (unduh)Silabus Tema 9: Makananku Sehat dan Bergizi (unduh)Program TahunanProgram tahunan Tahun Pelajaran 2021/2022 tema 1 sampai dengan tema 9 (unduh)Program SemesterProgram Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Program Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Jadwal PelajaranJadwal Pelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)RPP Semester 1 Kelas 4RPP Tema 1: Indahnya Kebersamaan (unduh)RPP Tema 2: Selalu Berhemat Energi (unduh)RPP Tema 3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup (unduh)RPP Tema 4: Berbagai Pekerjaan (unduh)RPP Tema 5: Pahlawanku (unduh)RPP Semester 2 Kelas 4RPP Tema 6: Indahnya Negeriku (unduh)RPP Tema 7: Cita-Citaku (unduh)RPP Tema 8: Tempat Tinggalku (unduh)RPP Tema 9: Makananku Sehat dan Bergizi (unduh)Buku Guru dan Buku SiswaBuku Guru Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Buku Siswa Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Tugas HarianTugas Harian Tema 1 (unduh)Soal EvaluasiSoal Penilaian Tengah Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Akhir Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Tengah Semester Genap (unduh)Soal Penilaian Akhir Tahun Pelajaran (unduh)Cara Download RPP Kelas 4Cara pengunduhan sangat sederhana. Silahkan pilih salah satu file diatas, contoh RPP kelas 4 (download). Akan terbuka jendela baru, muncul tampilan file yang dikehendaki. Dibagian kanan atas terdapat 3 menu: unduh, cetak, dan simpan. Bapak dan Ibu guru dapat melakukan pengunduhan dengan menekan menu anak panah kebawah dan simpan diperangkat.File administrasi diatas disusun menggunakan microsoft office word (docx). Hal ini memudahkan Bapak dan Ibu Guru untuk melakukan perubahan dan penyesuaian.Khusus untuk RPP, file dikompresi dalam bentuk zip supaya menghemat kuota saat pengunduhan, tetapi didalamnya tetap berbentuk file microsoft office word.Semoga beberapa administrasi diatas dapat membantu dan memudahkan Bapak dan Ibu Guru dalam menyelenggarakan pembelajaran di sekolah masing-masing. Jika terdapat masalah pengunduhan atau Anda ingin berbagi administrasi ataupun soal-soal latihan, silahkan tinggalkan komentar dibawah.
- Setiap awal tahun pelajaran Bapak dan Ibu Guru kelas 5 harus membuat perencanaan sebagai panduan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan ini dituangkan dalam bentuk administrasi tertulis diantaranya RPP kelas 5 kurikulum 2013 sesuai dengan edisi revisi.Tidak cukup RPP kelas 5, Bapak dan Ibu guru kelas juga harus mempersiapkan silabus, program tahunan, program semester, pemetaan KD, dan masih banyak lagi. Pada halaman ini kami ingin sedikit membantu memberikan referensi RPP yang bisa diunduh dengan mudah.Baca Juga : Kumpulan Soal Ulangan Harian Kelas 5 Semester 1Administrasi Guru Kelas 5 Sesuai Kurikulum 2013Administrasi guru yang dapat diunduh pada halaman ini mencakup KI dan KD, kalender pendidikan, silabus, program tahunan, program semester, dan RPP.Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)KI dan KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (unduh)KI dan KD PPKn (unduh)KI dan KD Bahasa Indonesia (unduh)KI dan KD Matematika (unduh)KI dan KD Ilmu Pengetahuan Alam (unduh)KI dan KD Ilmu Pengetahuan Sosial (unduh)KI dan KD Seni Budaya dan Prakarya (unduh)KI dan KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (unduh)Kalender PendidikanKalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Silabus Semester 1Silabus Tema 1: Organ Gerak Hewan dan Manusia (unduh)Silabus Tema 2: Udara Bersih Bagi Kesehatan (unduh)Silabus Tema 3: Makanan Sehat (unduh)Silabus Tema 4: Sehat Itu Penting (unduh)Silabus Tema 5: Ekosistem (unduh)Silabus Semester 2Silabus Tema 6: Panas dan Perpindahannya (unduh)Silabus Tema 7: Peristiwa Dalam Kehidupan (unduh)Silabus Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita (unduh)Silabus Tema 9: Benda-Benda di Sekitar Kita (unduh)Program TahunanProgram tahunan Tahun Pelajaran 2021/2022 tema 1 sampai dengan tema 9 (unduh)Program SemesterProgram Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Program Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Jadwal PelajaranJadwal Pelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)RPP Semester 1 Kelas 5RPP Tema 1: Organ Gerak Hewan dan Manusia (unduh)RPP Tema 2: Udara Bersih Bagi Kesehatan (unduh)RPP Tema 3: Makanan Sehat (unduh)RPP Tema 4: Sehat Itu Penting (unduh)RPP Tema 5: Ekosistem (unduh)RPP Semester 2 Kelas 5RPP Tema 6: Panas dan Perpindahannya (unduh)RPP Tema 7: Peristiwa Dalam Kehidupan (unduh)RPP Tema 8: Lingkungan Sahabat Kita (unduh)RPP Tema 9: Benda-Benda di Sekitar Kita (unduh)Buku Guru dan Buku SiswaBuku Guru Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Buku Siswa Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Tugas HarianTugas harian tema 1 (unduh)Soal EvaluasiSoal Penilaian Tengah Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Akhir Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Tengah Semester Genap (unduh)Soal Penilaian Akhir Tahun Pelajaran (unduh)Cara Download RPP Kelas 5Cara pengunduhan sangat sederhana. Silahkan pilih salah satu file diatas, contoh RPP kelas 5 (download). Akan terbuka jendela baru, muncul tampilan file yang dikehendaki. Dibagian kanan atas terdapat 3 menu: unduh, cetak, dan simpan. Bapak dan Ibu guru dapat melakukan pengunduhan dengan menekan menu anak panah kebawah dan simpan diperangkat.File administrasi diatas disusun menggunakan microsoft office word (docx). Hal ini memudahkan Bapak dan Ibu Guru untuk melakukan perubahan dan penyesuaian.Khusus untuk RPP, file dikompresi dalam bentuk zip supaya menghemat kuota saat pengunduhan, tetapi didalamnya tetap berbentuk file microsoft office word.Semoga beberapa administrasi diatas dapat membantu dan memudahkan Bapak dan Ibu Guru dalam menyelenggarakan pembelajaran di sekolah masing-masing. Jika terdapat masalah pengunduhan atau Anda ingin berbagi administrasi ataupun soal-soal latihan, silahkan tinggalkan komentar dibawah.
- Setiap tahun ajaran baru, guru wajib mempersiapkan administrasi kelas. Administrasi ini berfungsi sebagai rencana, panduan dalam pelaksanaan, serta evaluasi guna menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Administrasi ini mencakup RPP kelas 1 Kurikulum 2013 edisi revisi.Untuk melengkapi RPP kelas 1, pada bagian bawah Bapak dan Ibu Guru dapat melanjutkan mengunduh kelengkapan administrasi guru lainnya. Diantaranya silabus, program semester, program tahunan, kriteria ketuntasan minimal (KKM) , kompetensi inti, kompetensi dasar dan pemetaan KI dan KD.Administrasi Guru Kelas 1 Sesuai Kurikulum 2013Perangkat Pembelajaran yang dapat diunduh pada halaman ini mencakup KI dan KD, kalender pendidikan, silabus, program tahunan, program semester, dan RPP. Tidak cukup sampai disitu, disertakan juga kumpulan soal evaluasi baik itu tengah semester maupun semester yang bisa digunakan untuk alat evaluasi peserta didik.Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)KI dan KD PPKn (unduh)KI dan KD Bahasa Indonesia (unduh)KI dan KD Matematika (unduh)KI dan KD Seni Budaya dan Prakarya (unduh)KI dan KD Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (unduh)Pemetaan Kompetensi Dasar (KD)Pemetaan KD Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Pemetaan KD Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Kalender PendidikanKalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Silabus Semester 1Silabus Tema 1: Diriku (unduh)Silabus Tema 2: Kegemaranku (unduh)Silabus Tema 3: Kegiatanku (unduh)Silabus Tema 4: Keluargaku (unduh)Silabus Semester 2Silabus Tema 5: Pengalamanku (unduh)Silabus Tema 6: Lingkungan Bersih Sehat dan Asri (unduh)Silabus Tema 7: Benda, Hewan dan tanaman di Sekitarku (unduh)Silabus Tema 8: Peristiwa Alam (unduh)Program TahunanProgram tahunan Tahun Pelajaran 2021/2022 tema 1 sampai dengan tema 8 (unduh)Program SemesterProgram Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Program Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)Jadwal PelajaranJadwal Pelajaran Tahun Pelajaran 2021/2022 (unduh)RPP Semester 1 Kelas 1RPP Tema 1: Diriku (unduh)RPP Tema 2: Kegemaranku (unduh)RPP Tema 3: Kegiatanku (unduh)RPP Tema 4: Keluargaku (unduh)RPP Semester 2 Kelas 1RPP Tema 5: Pengalamanku (unduh)RPP Tema 6: Lingkungan Bersih Sehat dan Asri (unduh)RPP Tema 7: Benda, Hewan dan tanaman di Sekitarku (unduh)RPP Tema 8: Peristiwa Alam (unduh)Buku Guru dan Buku SiswaBuku Guru Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Buku Siswa Tema 1 sampai dengan Tema 9 revisi 2018 (unduh)Soal EvaluasiSoal Ulangan Harian Semester Gasal (unduh)Soal Ulangan Harian Semester Genap (unduh)Soal Penilaian Tengah Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Akhir Semester Gasal (unduh)Soal Penilaian Tengah Semester Genap (unduh)Soal Penilaian Akhir Tahun Pelajaran (unduh)Cara Download RPP Kelas 1Cara pengunduhan sangat sederhana. Silahkan pilih salah satu file diatas, contoh RPP kelas 1 (download). Akan terbuka jendela baru, muncul tampilan file yang dikehendaki. Dibagian kanan atas terdapat 3 menu: unduh, cetak, dan simpan. Bapak dan Ibu Guru dapat melakukan pengunduhan dengan menekan menu anak panah kebawah dan simpan diperangkat. Jika terdapat masalah pengunduhan dari administrasi di atas silahkan tinggalkan komentar untuk segera diperbaiki.
Soal:
Sebuah taman berbentuk persegi panjang. Panjang taman 300 m dan lebarnya setengah dari panjang taman. Di sekeliling taman tersebut dipasang lampu penerangan. Jarak antarlampu penerangan 25 m. Tempat duduk diletakkan mengelilingi taman dengan jarak 5 meter dari tepi luar. Jarak antartempat duduk 20 m. Selisih banyaknya tempat duduk dengan lampu penerangan adalah ….
A. 43 buah
B. 36 buah
C. 17 buah
D. 7 buah
3. Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi dasar:
Menggunakan nalar untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar makhluk hidup.
Indikator soal:
Memprediksi perubahan yang akan terjadi pada ekosistem tertentu jika ada salah satu komponen rantai makanan yang punah atau berkembang pesat/ada predator lain yang datang.
Soal:
Di sebuah ekosistem sawah terdapat tikus, ular, padi, elang. Untuk meningkatkan hasil panen padi, petani banyak yang memelihara dan melatih burung hantu untuk menangkap tikus di sekitar persawahan. Hal tersebut menyebabkan …
A. Elang terhindar dari kepunahan karena populasi ular menurun
B. Populasi ular meningkat dan elang terhindar dari kepunahan
C. Populasi ular menurun dan elang terancam punah
D. Elang terancam punah karena populasi ular meningkat
Pedoman Penskoran
Dalam konteks penilaian untuk pembelajaran (assesment for learning), guru harus mengolah dan menganalisis setiap jawaban siswa baik yang kurang tepat maupun jawaban lainnya. Jawaban yang kurang tepat sekalipun seharusnya diberikan skor yang sesuai
Hal ini sangat membantu guru untuk mengetahui kesulitan siswa (diagnostik) sehingga guru dapat menemukan cara yang efektif untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Untuk melengkapi materi yang ada pada halaman ini berikut ini kami sertakan file powerpoint yang didalamnya membahas lebih lanjut tentang soal HOTS disertai dengan contoh-contoh pengembangannya.
Download Panduan Penyusunan Soal HOTS (459 KB)