Dalam sebuah paragraf yang baik selalu terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas. Paragraf yang disusun dari kalimat utama kemudian diikuti dengan beberapa kalimat penjelas disebut dengan kalimat deduktif. Sedangkan jika sebuah paragraf diawali dengan beberapa kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama disebut dengan kalimat induktif.Tetapi tidak berhenti sampai 2 jenis tersebut. Masih terdapat satu jenis paragraf lagi yaitu paragraf campuran. Meskipun demikian, pada jenjang Sekolah Dasar (SD) jenis paragraf campuran ini belum dipelajari. Dan baru akan dipelajari mulai jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan seterusnya. Berikut ini pengertian serta contoh dari setiap jenis paragraf.Paragraf DeduktifPengertian Paragraf DeduktifParagraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Kemudian dilengkapi dengan kalimat penjelas berupa fakta maupun contoh. Pola paragraf deduktif adalah dari umum ke khusus.Contoh Paragraf DeduktifDaun salam memiliki banyak manfaat. Selain untuk menyedapkan masakan ternyata daun salam bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya, menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, dapat pula untuk menyembuhkan diabetes dan penyakit mag akut.Baca juga: Cara Membuat Kesimpulan Paragraf maupun Teks BacaanParagraf InduktifPengertian Paragraf InduktifParagraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Pada paragraf ini diawali dengan kalimat penjelas, contoh, fakta maupun bukti dan diakhiri dengan kalimat utama. Pola paragraf induktif adalah dari khusus ke umum.Contoh Paragraf InduktifManfaat lidah buaya diantaranya menyuburkan rambut, menghilangkan ketombe, menyembuhkan luka, dan menghilangkan jerawat. Lidah buaya juga berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat-zat yang berfungsi sebagai antioksidan. Tanaman lidah buaya atau aloevera memiliki banyak manfaat dan khasiat.Baca juga: Cara membuat kalimat langsung disertai dengan contohnyaParagraf CampuranPengertian Paragraf CampuranParagraf campuran adalah paragraf yang diawali dengan menyajikan kalimat utama kemudian di dukung dengan kalimat-kalimat penjelas, lalu diakhiri oleh kesimpulan pada bagian akhir paragraf. Sehingga paragraf campuran mempunyai 2 kalimat utama. Pola paragraf campuran adalah umum – khusus – umum.Contoh Paragraf CampuranIndonesia memiliki ragam bahasa daerah. Dari Sabang sampai Merauke memiliki ragam bahasa daerah masing-masing. Keragaman tersebut terkadang menjadi kendala dalam berinteraksi bila tidak menguasai. Oleh karena itu, Bahasa Indonesia harus menjadi pemersatu dari berbagai ragam bahasa di Indonesia.
Dalam sebuah paragraf yang baik selalu terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas. Paragraf yang disusun dari kalimat utama kemudian diikuti dengan beberapa kalimat penjelas disebut dengan kalimat deduktif. Sedangkan jika sebuah paragraf diawali dengan beberapa kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama disebut dengan kalimat induktif.
Tetapi tidak berhenti sampai 2 jenis tersebut. Masih terdapat satu jenis paragraf lagi yaitu paragraf campuran. Meskipun demikian, pada jenjang Sekolah Dasar (SD) jenis paragraf campuran ini belum dipelajari. Dan baru akan dipelajari mulai jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan seterusnya. Berikut ini pengertian serta contoh dari setiap jenis paragraf.
Paragraf Deduktif
Pengertian Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Kemudian dilengkapi dengan kalimat penjelas berupa fakta maupun contoh. Pola paragraf deduktif adalah dari umum ke khusus.
Contoh Paragraf Deduktif
Daun salam memiliki banyak manfaat. Selain untuk menyedapkan masakan ternyata daun salam bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya, menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, dapat pula untuk menyembuhkan diabetes dan penyakit mag akut.
Baca juga: Cara Membuat Kesimpulan Paragraf maupun Teks Bacaan
Paragraf Induktif
Pengertian Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Pada paragraf ini diawali dengan kalimat penjelas, contoh, fakta maupun bukti dan diakhiri dengan kalimat utama. Pola paragraf induktif adalah dari khusus ke umum.
Contoh Paragraf Induktif
Manfaat lidah buaya diantaranya menyuburkan rambut, menghilangkan ketombe, menyembuhkan luka, dan menghilangkan jerawat. Lidah buaya juga berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat-zat yang berfungsi sebagai antioksidan. Tanaman lidah buaya atau aloevera memiliki banyak manfaat dan khasiat.
Baca juga: Cara membuat kalimat langsung disertai dengan contohnya
Paragraf Campuran
Pengertian Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah paragraf yang diawali dengan menyajikan kalimat utama kemudian di dukung dengan kalimat-kalimat penjelas, lalu diakhiri oleh kesimpulan pada bagian akhir paragraf. Sehingga paragraf campuran mempunyai 2 kalimat utama. Pola paragraf campuran adalah umum – khusus – umum.
Contoh Paragraf Campuran
Indonesia memiliki ragam bahasa daerah. Dari Sabang sampai Merauke memiliki ragam bahasa daerah masing-masing. Keragaman tersebut terkadang menjadi kendala dalam berinteraksi bila tidak menguasai. Oleh karena itu, Bahasa Indonesia harus menjadi pemersatu dari berbagai ragam bahasa di Indonesia.
Anda mungkin menyukai postingan ini :
- Dalam sebuah teks bacaan narasi selalu memiliki alur cerita. Dalam pengembangan sebuah soal, sering kali ditanyakan akhir dari alur cerita tersebut. Oleh karena itu, dalam soal menentukan akhir cerita peserta didik dituntut untuk memahami seluruh alur dari cerita.Pada halaman ini, akan kami tampilkan contoh-contoh soal menentukan akhir cerita yang dapat digunakan untuk belajar memahami sebuah cerita.Soal Menentukan Akhir CeritaBerikut beberapa soal membuat kesimpulan paragraf diikuti dengan kunci jawabannya:Soal 1Bombom tidak mau memakai masker saat keluar rumah. Dia juga malas mencuci tangan. Vitamin yang dibelikan ibunya juga tidak diminum. Suatu hari, Bombom sakit panas dan batuk. Setelah diperiksa ternyata dia terserang virus corona.Akhir cerita tersebut adalah …A. Bombom sakit karena tidak memakai masker. B. Bombom tidak mau minum vitamin yang dibelikan ibunya.C. Bombom malas mencuci tangan sehingga sakit panas dan batuk. D. Bombom diketahui terserang virus corona setelah diperiksa.Kunci jawaban: DSoal 2Kukuruyu adalah raja bangsa ayam. la bersahabat dengan Halili, raja bangsa ikan tongkol. Mereka saling kunjung, meskipun hidup di alam yang berbeda. Suatu hari Kukuruyu mengajak Halili ikut pesta dansa di kampung nelayan. Mereka sepakat datang, saat senja tiba. Halili berpesan kepada Kukuruyu agar memberi tahu jika waktu fajar telah tiba. Jika tidak, bangsa manusia akan menyantap mereka. Kukuruyu menyanggupinya. Makanan enak tersaji di pesta. Kukuruyu dan Halili makan terlalu banyak. Mereka pun tertidur lelap hingga melewati waktu fajar karena kekenyangan. Semua ikan tongkol ditangkap oleh nelayan. Halili kesal karena Kukuruyu ingkar janji. Halili bersumpah akan memakan bangsa ayam yang datang ke laut. Persahabatan mereka pun berubah menjadi permusuhan.Akhir cerita tersebut adalah….A. Kukuruyu disumpahi Halili menjadi sahabatnya.B. Persahabatan Kukuruyu dan Halili tetap abadi.C. Bangsa ayam dan bangsa ikan tongkol bermusuhan.D. Kukuruyu tidak akan ke laut agar tidak dimakan Halili.Kunci jawaban: CSoal 3Di sebuah desa, ada seorang anak gembala yang mendapatkan tugas dari majikannya. la diminta menggembalakan domba-dombanya dengan baik. Ketika menggembala di padang rumput, anak tersebut merasa bosan. Anak gembala itu pun berbuat jahil.Tolong, tolong! teriak Anak Gembala. Mendengar suara teriakan anak gembala, warga pun berdatangan hendak menolongnya. Saat warga sampai, anak gembala itu malah tertawa terbahak-bahak karena berhasil menipu warga desa. la tidak terkena celaka atau ada serigala yang mendatangi ternak-ternaknya. Kenakalan anak gembala tersebut pun dilakukan beberapa kali. Setiap kali warga mendatangi teriakan anak gembala, lagi-lagi si anak tersebut hanya tertawa saja. Sampai pada suatu hari benar-benar datang segerombolan serigala hendak memangsa domba yang digembalakan.Karena panik, si anak gembala pun berteriak minta tolong. Tapi tidak ada satu warga pun yang mau menolongnya. Mereka menduga, si anak gembala hanya bermain-main saja. Alhasil sebagian besar kawanan domba berhasil dimangsa kawanan serigala. Anak gembala pun dimarahi oleh majikannya.Akhir cerita tersebut adalah …A. Semua domba milik majikan mati.B. Majikan sudah tidak punya domba lagi.C. Anak gembala dimarahi oleh majikannya.D. Majikan anak gembala memecat anak gembala.Kunci jawaban: CBaca Juga : Kumpulan Soal Narasi, Deskripsi, Argumentasi, Persuasi, dan EksposisiSoal Menentukan Akhir Cerita 4Pak Tani ingin sekali mendapatkan banyak uang. Pada musim penghujan, ia berdoa kepada Tuhan. Ia berharap Tuhan memberi cuaca cerah agar dapat menuai padinya. Pada hari berikutnya, matahari bersinar cerah. Pak Tani menuai padinya. Meskipun begitu, ia berdoa kepada Tuhan lagi untuk memberinya hujan. Jika hujan turun, padi di lahan yang lain akan tumbuh subur.Esok harinya turun hujan. Pak Tani berkata, Jika hujan turun lagi, padiku pasti akan tumbuh lebih cepat. Pada hari berikutnya, hujan kembali turun dengan sangat lebat. Banjir melanda sawah Pak Tani. Tanaman padi Pak Tani rusak terkena banjir.Akhir cerita tersebut adalah …A. Pak Tani kecewa seluruh padinya terbawa air.B. Banjir merusak tanaman padi milik Pak Tani.C. Hujan tidak reda sampai menghanyutkan padi Pak Tani.D. Pak Tani sedih seluruh hasil panen terbawa banjir.Kunci jawaban: BSoal 5Di taman yang indah, ada seekor semut sedang berjalan-jalan mengelilingi taman, Pagi itu, pemandangan taman yang penuh bunga. Terlihat kumbang yang sedang menghisap madu bunga dan belalang makan pucuk-pucuk daun. Semut juga melihat ada sebuah kepompong menggantung di salah satu tanaman.Semut berkata, Kasian sekali kamu kepompong, sudah jelek, tidak bisa ke mana-mana juga. Ayo turun dan nikmati taman yang indah ini!Kepompong tersebut hanya diam dan tidak menanggapi Semut. Semut pun melanjutkan jalan-jalannya tanpa menghiraukan Kepompong Suatu hari Semut jatuh ke dalam kubangan lumpur karena semalam hujan lebat. Hal itu dikarenakan kecerobohannya. Semut tidak bisa berenang dan keluar dari lumpur. Semut pun berteriak minta tolong. Kebetulan ada seekor Kupu-Kupu cantik yang melintas dan melihat Semut sedang kesusahan.Kupu-Kupu mengambil ranting kecil kemudian diulurkannya ke arah Semut.Hai, Semut, raih ranting ini dan aku akan mengangkatmu keluar dari lumpur! teriak Kupu-Kupu.Semut pun meraih ranting tersebut dan berhasil keluar dari kubangan lumpur. Semut berterima kasih kepada Kupu-Kupu. Si Semut malu karena Kupu-Kupu adalah Kepompong jelek yang pernah ia hina tempo hari. Ia pun meminta maaf pada Kupu-Kupu dan Kupu-Kupu pun memaafkannya.Akhir cerita tersebut adalah …A. Semut meminta bantuan kepada Kupu-Kupu dari kubangan lumpur. B. Semut celaka karena ia terkena batunya, sudah menghina Kepompong. C. Semut meminta maaf pada Kupu-Kupu dan Kupu-Kupu pun memaafkannya.D. Kupu-Kupu membantu Semut supaya Semut mau meminta maaf kepadanya.Kunci jawaban: CSoal 6Serunting dan Aria adalah kakak beradik. Mereka memiliki ladang yang dipisahkan oleh pohon. Di bawah pohon itu, tumbuh cendawan. Cendawan yang menghadap ke ladang Ara, tumbuli menjadi logam emas. Candawan yang menghadap ke ladang Sarunting, tumbuh menjadi hama.Serunting iri terhadap Aria. Ia mengajak Aria barkelahi. Aria menolak tetapi Serunting tetap memaksa hingga perkelahian terjadi. Dalam perkelahan itu, Serunting kalah. Muka dan badannya lebam. Perkelahian itu tidak bisa menyelesaikan masalah mereka. Peristiwa itu membuat Serunting sadar bahwa kekerasan dan adu kekuatan tidak berguna, la meminta maaf kepada Aria.Akhir cerita tersebut adalah …A. Serunting meminta maaf kepada Aria.B. Serunting insaf atas kesalahan yang dilakukannya.C. Aria kalah kemudian meminta maaf kepada Serunting.D. Aria memaafkan Serunting yang mengakui kekeliruannya.Kunci jawaban: ASoal 7Ki Sentana benar-benar mengerti maksud kedua puteranya. Sesudah menyelesaikan pekerjaan rutin mereka, Galuh dan Galih menghadap sang ayah. Keduanya diberi kesempatan untuk memohon berkah Yang Mahakuasa pada bulan purnama.Pada purnama pertama, Galih dengan sungguh-sungguh berdoa di ruang pertapaan. Ia memohon limpahan harta untuk keluarganya. Benar juga, sejurus kemudian sebuah karung berisi kepingan uang dan batangan emas terjatuh dari atap tepat di sampingnya. Ia pun bergegas menemui ayah dan saudara kandungnya. Galih ingin memberikan sebagian hartanya untuk Galuh, namun maksud baiknya ditolak mentah-mentah. Tanpa ijin dari Ki Sentana, Galuh bergegas menuju ruang bertapa.Galuh berdoa sangat lama. la memohon agar ia diberi harta karun dua kali lipat dari yang diterima Galih. Setelah lama menunggu, Galuh tidak sabar. Ia mengeraskan doanya. Berkali-kali ia ingin diberikan dua karung harta. Setelah suaranya mulai serak, tiba-tiba di sampingnya jatuh sebuah karung Tanpa berpikir panjang ia mendekatinya. Namun, tanpa ia sadari sebuah karung menimpa tubuhnya. Ia pun tersungkur, tulang punggungnya retak. Ki Sentana dan Galih segera mendatangi tempat itu.Belum sempat Ki Sentana mengobati punggung Galuh, Galuh bergegas meraih kedua karung itu. Dipegangnya kedua karung sambil meringis menahan rasa sakit. Tangannya gemetar saat membuka tali karung. Betapa terkejutnya Galuh melihat isi karung hanyalah potongan-potongan batang kayu dan tumpukan daun kering. Galuh pingsan di ruang pertapaan.Akhir dari cerita tersebut adalah …A. Galuh kecewa sesudah membuka dua karung yang ia dapatkan.B. Ki Sentanu dan Galih mengobati luka Galuh.C. Galuh mendapatkan dua buah karung.D. Galuh pingsan di ruang pertapaan.Kunci jawaban: DSoal 8Topan hidup bersama ibunya. Mereka hidup serba kekurangan. Sementara itu, Topan membantu ibunya dengan menggembala kambing milik saudagar kaya. Topan menggembala kambing di bawah pohon yang rindang sambil membaca buku. Saat sedang asyik membaca, datang seorang Kakek yang ingin berteduh. Topan mempersilakan Kakek untuk duduk. Bahkan menawari makanan yang Topan bawa. “Mengapa kamu tidak sekolah, Nak?” tanya Kakek kepada Topan dengan suara parau.Topan menjelaskan kalau ibunya tidak memiliki biaya untuk menyekolahkannya. Namun, ia ingin menjadi orang sukses dan disegani orang-orang sekitarnya. Melihat ketekunan dan kesungguhan Topan, Kakek tersentuh hatinya. Kemudian Kakek memberikan sejumlah uang untuk biaya sekolah Topan.Akhir cerita dari teks tersebut adalah ….A. Topan mendapat biaya sekolah dari KakekB. Topan bersyukur kepada TuhanC. Topan menjadi orang suksesD. Topan disegani orang-orangKunci jawaban: ADemikian kumpulan soal menentukan akhir sebuah cerita. Semoga contoh-contoh soal tersebut dapat membantu guru dan peserta didik dalam belajar.
- Menggali informasi dari sebuah teks bacaan memerlukan pembiasaan bagi peserta didik. Salah satu bentuk menggali informasi dari teks bacaan yaitu mencari keteladanan dari sebuah teks. Biasanya teks tersebut dalam bentuk narasi. Pada halaman ini akan disajikan soal – soal keteladanan dari ilustrasi yang ditampilkan teks bacaan.Soal Keteladanan dari Teks BacaanKumpulan soal keteladanan dari ilustrasi yang ditampilkan dalam teks bacaan disajikan dalam beberapa soal berikut:Soal Keteladanan 1Nenek Ijah berjalan menuju sungai di samping rumahnya. Sejak semalam, ia mendengar rintihan minta tolong. Hati Nek Ijah merasa iba. Beberapa kali langkahnya terhenti karena kakinya belum sembuh dari sakit. Nek, kalau masih sakit tak usah kemana-mana! kata Durga cucunya. Nek Ijah menjawab, Ada yang minta tolong di sungai, nenek harus ke sana. Jalan saja belum tegak benar, biarkan suara-suara itu! teriak Durga. Namun, Nek Ijah tak menghiraukan kata-kata Durga. Setelah sampai di tepi sungai, ia melihat ada seekor ikan hampir mati. Sungai itu beberapa hari memang kering tanpa air. Aku akan menolongmu! kata Nek Ijah. Ikan itu kemudian dibawa pulang ke rumah. Nek Ijah meletakkan ikan yang hampir mati ke dalam ember berisi air. Keesokan harinya, Nek Ijah sangat terkejut. Ikan di dalam ember berubah menjadi emas.Keteladanan tokoh Nenek Ijah dalam cerita tersebut adalah …. A. tidak menghiraukan cucunya walaupun kakinya sakitB. rela berkorban untuk mendapatkan kekayaanC. mau bekerja keras meskipun sedang sakit D. memiliki jiwa penolong tanpa pamrihKunci jawaban: DSoal 2Suara kokok ayam bersahut-sahutan, tetapi ayah dan ibu Reno belum bangun. Dapur masih sepi. Reno terdiam sejenak. Dalam hati ingin sekali Reno membantu ibunya Reno bergegas ke belakang rumah mengambil sapu. Sampai di belakang rumah, hari masih gelap.Reno mengambil keputusan untuk mencuci piring dulu. Reno bersemangat membantu pekerjaan ibunya. Tanpa sengaja piring yang dia cuci terjatuh. Ayah dan ibu Reno terbangun mendengar suara tersebut. Mereka bergegas menuju dapur.Ada apa Reno? tanya Ibu.Maafkan Reno, Bu. Saya tidak sengaja menjatuhkan piring ini. Tadi Reno ingin membantu Ibu, jawab Reno.Ya, sudah, Nak, tidak apa-apa. Terima kasih kamu mau membantu ya! kata Ibu.Keteladanan yang ditunjukkan tokoh Reno adalah … A. Mau membantu meringankan pekerjaan ibunya.B. Rajin bangun pagi dan menyapu halaman rumah.C. Mau mengakui kesalahannya dan meminta maaf.D. Rajin bangun pagi dan meringankan pekerjaan ibunya.Kunci jawaban: CBaca juga: Soal-Soal Narasi, Deskripsi, Argumentasi, Eksposisi, dan PersuasiSoal Keteladanan 3Di sebuah desa, tinggallah keluarga Permadi. Pak dan Bu Permadi memiliki tiga anak. Mereka hidup bahagia meskipun kehidupannya penuh dengan kesederhanaan.Saat itu, di desa Pak Permadi tinggal, telah diguyur hujan setiap hari. Sudah lebih dari satu minggu hujan tidak berhenti. Karena hujan, Pak Permadi tidak bisa bekerja di sawah. Persediaan makanan mulai menipis.Persediaan makanan di rumah Pak Permadi hanya tinggal lima buah kentang saja. Masaklah kentang itu. Nanti, berikan lima kentang itu ke anak-anak jika sudah waktunya makan. Saya akan keluar untuk mencari bahan makanan, kata Pak Permadi kepada Bu Permadi.Saat itu, hujan masih deras disertai angin kencang. Pak Permadi mengambil payung dan jas hujan.Ketika hendak keluar rumah, pintu rumah Pak Permadi pun diketuk oleh seorang pengemis. Melihat pengemis yang renta dan kelaparan, membuat Pak Permadi tidak tega. Pak Permadi memberinya lima buah kentang yang rencana akan diberikan kepada anak-anaknya.Terima kasih, Pak. Namun, biarlah aku menerima yang empat buah kentang saja. Yang satu ini, berikan kepada anak-anak Bapak, kata Pengemis itu kepada Pak Permadi.Setelah pengemis pergi, Pak Permadi menyuruh Bu Permadi untuk memotong satu buah itu menjadi beberapa potong. Pak dan Bu Permadi kaget dengan kentang yang dipotongnya itu. Secara ajaib, setiap potongarinya menghasilkan lima buah kentang baru, begitu seterusnya. Alhasil keluarga Pak Permadi tidak lagi kekurangan makanan. Bahkan Pak Permadi bisa menanam sisa kentang untuk dijadikan bahan panennya nanti. Sisa dari potongan kentang itu, mereka berikan kepada tetangga-tetangga Pak Permadi.Keteladanan yang ditunjukkan tokoh Pak Permadi pada cerita tersebut adalah ….A. pantang putus asaB. pembela kaum lemahC. mengutamakan keluargaD. tetap peduli pada orang lainKunci jawaban: DSoal 4Pak Jarwo menghampiri ruang kepala sekolah. Tak lama kemudian Santo, Kian dan Ilham dipanggil oleh bu Yayuk. Ya, ketiga anak itulah yang kemarin memetik buah anggur milik Pak Jarwo tanpa permisi.Maafkan kami, Pak Jarwo, Kami telah mengambil anggur Bapak, tanpa permisi,ucap llham sambil menahan isak tangisnya.Iya, Pak. Jangan laporkan kami kepada polisi, Kami janji tidak akan mengulanginya Pak, tukas Santo berapi-api.Kian yang dari tadi tidak berkata-kata ikut menangis sambil gemetar meraih tangan ak Jarwo. Suasana ruang kepala sekolah menjadi hening.Pak Jura, kepala sekolah itu pun segera menjelaskan kepada Pak Jarwo dan meminta maaf atas kenakalan anak-anaknya. Wajah garang Pak Jarwo tidak tampak lagi ketika ketiga anak itu menyalami sambil menciumi tangannya yang sudah mulai keriput.Keesokan harinya, tanpa disuruh ketiga anak itu mendatangi rumah Pak jarwo. Ketiganya mengayunkan sapu lidi tanpa komando. Sampah daun dan ranting-ranting kering disapu ketiga anak itu. Kemudian ketiganya bergegas masuk ke dalam kelas. Saat istirahat tiba, Santo, Ilham dan Kian kembali terkejut karena kedatangan Pak Jarwo kembali Kali ini Pak Jarwo memberi setandan pisang masak untuk disantap Santo dan teman temannya. Pak Jarwo senang halamannya sangat bersih hari itu.Keteladanan yang ditunjukkan tokoh Pak Jarwo pada cerita tersebut adalah..A. Menghukum anak-anak yang telah berbuat salah. B. Memaafkan dan menghargai iktikad baik orang lain.C. Memberikan hadiah kepada orang yang menolongnya. D. Tegas mencari pelaku yang mengambil buah anggumyaKunci jawaban: BSoal 5Kuko mencari kerang di laut untuk dibuat kalung. Kalung tersebut akan diberikan Ibunya sebagai hadiah. Datanglah Dema anak usil yang membuang kerang Kuko. Kuko sedih karena gagal memberi hadiah Ibunya. Tiba-tiba terdengar suara minta tolong.Tolong… tolooooooooong! Kuko mencari sumber suara. Ternyata ada Peri cantik yang terjorat jaring di tepi pantai. Kuko segera menolong Peri Laut yang cantik itu. Sebagai ucapan terima kasih, Peri Laut memberi Kuko sebuah kerang. Kuko bisa mengajukan satu permintaan dengan meniup kerang tersebut.Aku akan meminta hadiah untuk Ibuku, gumam Kuko.Tak lama berselang Kuko kembali mendengar suara minta tolong. Setelah dicari-cari, ternyata dari kejauhan tampak Dema hanyut terbawa gelombang munuju tengah laut. Kuko tidak tega melihat Dema terombang-ambing ombak. Segera ia tiup kerang pemberian Peri Laut untuk mengajukan permintaan menolong Dema. Dema akhirnya dapat diselamatkan.Kuko bahagia bisa menolong Dema, walau belum bisa menemukan sesuatu untuk hadiah Ibunya. Dema berterima kasih dan minta maaf sering menganggu Kuko.Keteladanan Dema dalam cerita tersebut adalah …A. Berani berenang di laut walaupun ombak besar. B. Tidak mudah menyerah pada keadaan walau terancam.C. Berterima kasih dan minta maaf pada orang yang sering disakiti.D. Menyadari kesalahan dan kekeliruan dalam bergaul pada teman.Kunci jawaban: DSoal Keteladanan 6Kehidupan Kintan dan ibunya sangat memprihatinkan. Mereka tinggal di gubuk reyot dan rapuh. Ayahnya meninggal sewaktu ia masih kecil. Ibunya sakit lumpuh. Kintanlah yang merawat ibunya.Kintan merasa bertanggung jawab dengan kondisi keluarganya. Ia harus menghidupi ibunya dengan berjualan gorengan. Ia tidak pernah menyerah dengan keadaannya. Ia semangat belajar agar menjadi anak yang pandai dan sukses.Keteladanan yang ditunjukkan tokoh Kintan pada cerita tersebut adalah …. A merasa sedih dengan kondisinyaB. terpaksa berjualan gorengan sendiriC. pantang menyerah terhadap keadaan D. semangat belajar walaupun terpaksaKunci jawaban: CSoal 7Petuah dari Sang KakekDi suatu lembah, hiduplah Keluarga Katak. Mereka terdiri atas Pak Katak, Bu Katak, Katak dan Kakek Katak. Suatu hari, lembah yang mereka tinggali mengalami kekeringan. Air untuk minum dan berenang tidak tersedia. Jika mereka terus tinggal di lembah itu mereka akan mati. Pak Katak memutuskan untuk membawa keluarganya mencari tempat tinggal baru. Akhimya, mereka menemukan sebuah sumur yang berisi air melimpah.Hore, kita bisa berenang! ujar Katak girang. Keluarga Katak bahagia, kecuali Kakek Katak.Apakah kau tidak bahagia, Kek? tanya Katak. Semuanya hanya sementara. ujar Kakek.Apa maksud ayah? ujar Pak Katak. Jika air sumur ini surut, kita celaka. jawab sang kakek.Pak Katak tidak menghiraukan ucapan Kakek Katak. Pak Katak bersikeras agar mereka tetap tinggal di sumur itu.Suatu hari saat Pak Katak sedang pergi, Katak dan ibunya sedang tidur. Tiba-tiba air mendadak surut. Mereka hampir saja tidak dapat keluar dari sumur. Untung Kakek Katak membangunkan mereka. Mereka segera keluar dari sumur yang menyusut airnya itu. Pak Katak pun kembali ke sumur itu. Bu Katak menceritakan peristiwa yang terjadi kepada Pak Katak, la sangat menyesal atas kejadian itu. Pak Katak minta maaf kepada Kakek Katak. Mereka memutuskan mencari tempat tinggal lain yang lebih aman.Keteladanan Kakek Katak dalam cerita tersebut adalah….A. suka menasihatiB. sayang keluargaC. tidak pemarahD. selalu waspadaKunci jawaban: DSoal Keteladanan 8Akisah hiduplah seorang pemuda bernama Jaka. Dia tinggal bersama ibunya di tepi hutan. Setiap hari Jaka membantu ibunya mencari ranting kayu di hutan. Ranting kayu itu kemudian dijual ke pasar untuk mencukupi kebutuhannya. Suatu hari, ibunya sakit keras. Kedua kakinya tidak bisa digerakkan. Tabib yang memeriksa ibunya berkata, Nak, kaki ibumu ini hanya bisa disembuhkan dengan batu api. Di mana saya dapat menemukannya? tanya Jaka. Batu api itu terdapat di dalam gua di tengah hutan yang ditunggui raksasa,Baiklah, saya akan mencari batu api itu. Jaka kemudian berpamitan kepada ibunya. Hati-hati, anakku! Jika kau sudah menemukan batu api itu, segeralah kau bawa pulang. Jangan menengok ke belakang lagil pesan ibunya.Baiklah, Bu! sahut Jaka.Ketika Jaka sampai di depan gua, dia dihadang raksasa. Pertempuranpun tak dapat dihindarkan. Meskipun menghadapi raksasa yang sangat besar, Jaka tidak merasa takut. Akhimya Jaka berhasil mengambil batu api dari dalam gua.Raksasa yang sudah lemah itu tidak membiarkan Jaka membawa batu api begitu saja. Raksasa itu berubah menjadi laki-laki renta. Dia merintih dan memanggil Jaka untuk menolongnya.Hampir saja Jaka terperangkap tipu daya raksasa dan ingin berbalik menolong jelmaan raksasa itu. Tiba-tiba Jaka teringat nasihat ibunya. Jaka segera meninggalkan tempat itu tanpa menoleh ke belakang. Setibanya di rumah, Jaka segera menempelkan batu api di kedua kaki ibunya. Ajaib, kedua kaki ibunya pulih seperti sediakala. Mereka bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya.Keteladanan yang ditunjukkan tokoh Jaka pada cerita tersebut adalah ….A. pantang putus asaB. pembela kaum lemahC. mengutamakan keluargaD. taat dan pemberaniKunci jawaban: DSoal 9Pak Puh berusaha menenangkan amarah Azriel terhadap pamannya. Ya, Pak Heru, paman Azriel dan Mesti itu sudah menjual kebun milik kakek. Sebidang lahan yang semula ditanami pohon sengon, akan segera diratakan dengan tanah. Pak Heru ingin mengubah kebun sengon menjadi penginapan dan restoran. Ambisinya itu membuat geram keluarganya. Hanya Pak Puh yang masih terdiam dan menahan rasa marahnya. Dengan didamping kedua cucunya, Pak Puh mendekati kebun sengon itu.Puh, mengapa pohon-pohon sengon ini harus ditebangi sebelum waktunya? tanya Azriel kepada kakeknya.Ya, mau bagaimana lagi? Pamanmu sudah tidak bisa dinasihati. la sudah tergiur oleh tawaran investor.Tapi batang pohon-pohon itu belum cukup besar, Puh. Coba lima tahun lagi, pasti batangnya akan lebih besar.lya, Puh, kalau sudah besar, batangnya pun akan mahal jika dijual, sahut Mesti. Pak Puh hanya terdiam. Ia merasa kedua cucunya belum mengerti masalah yang sebenamya. Langkah mereka terhenti di sebuah gubuk kecil, tempat bermain Azriel dan Mesti. Kembali Pak Puh menghela napas panjang.Coba lihat bangau-bangau itu, wahai cucu-cucu manisku! Kemana lagi mereka harus bertengger, jika pohon-pohon itu di tebangi? tanya Pak Puh.Pasti mereka sedih, karena tempat itu tak lagi sejuk dan nyaman, jawab Mesti. Ya, seharusnya kita juga memikirkan alam, sebelum kita mengubahnya. Mungkin tempat ini akan diubah menjadi lebih indah, namun burung-burung dan pohon-pohon sengon itu akan tergusur.Kakek dan kedua cucunya terus saja memandangi mesin-mesin perata tanah. Deru suara gergaji mesin membisingkan telinga. Satu demi satu batang-batang sengon tumbang. Pagi itu terasa sangat terik, meskipun matahari masih condong di arah timur.Keteladanan yang ditunjukkan tokoh Pak Puh dalam cerita tersebut adalah … A. Cinta lingkungan dan mudah marah.B. Bijaksana dan cinta lingkungan.C. Tegas dan berpikiran modern.D. Penyayang anak dan harta.Kunci jawaban: BSoal 10Pino anak laki-laķi yang terampil bermain seruling. la ingin sekali mempunyai seruling, tetapi orang tuanya tidak mampu membelikannya. Ketika Pino sedang berjalan-jalan, ia menemukan seruling usang. la segera mengambil dan memperbaikinya.Beberapa minggu kemudian, ada festival seruling, Pino ingin mengikutinya. Namun saat ia mendaftar, panitia menolaknya. Seruling Pino tidak memenuhi syarat. Pino sangat sedih dan pulang ke rumah. Dalam perjalanan pulang, ia bertemu kakek tua. Si Kakek sedang memainkan seruling di bawah pohon. Pino sangat terkesan dengan permainan si Kakek. la menunggui sampai selesai. Si Kakek yang tahu sedang diperhatikan, mengajak berbicara Pino. Pino menceritakan kejadian yang dialaminya. Si Kakek merasa kasihan, kemudian memberikan seruling kepadanya. la rajin berlatih dan dapat menjuarai festival seruling.Keteladanan tokoh Pino dalam cerita tersebut adalah ….A. sabar walaupun keinginannya belum terwujudB. semangat berlatih untuk menggapai cita-citaC. ramah terhadap orang yang baru dikenalD. terampil memanfaatkan barang bekasKunci jawaban: BDemikian kumpulan soal keteladanan dari ilustrasi yang ditampilkan dalam teks bacaan narasi. Semoga dapat membantu guru dan peserta didik dalam belajar.
- Jenis-jenis paragraf yang kita kenal ada 5 yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Penjelasan dan contoh kelima jenis paragraf tersebut dapat kalian baca pada halaman jenis-jenis paragraf. Pada halaman ini kita akan fokus pada bentuk soal yang berkaitan dengan jenis paragraf tersebut.Bentuk Soal Jenis ParagrafSoal 1Penggunaan masker dapat mengurangi risiko penularan virus corona. Masker menghalangi virus masuk ke tubuh. Penggunaan masker harus menutup hidup, mulut, dan dagu. Gunakan masker dengan benar agar terhindar dari virus corona!Jenis paragraf tersebut adalah ….A. deskripsiB. eksposisiC. narasiD. persuasiKunci jawaban: DSoal 2Siswa kelas VI SD Merdeka sedang belajar di kelas. Keadaan kelasnya sangat nyaman dan bersih. Korden kelas dibuka agar sinar matahari dapat masuk ke kelas. Lampu kelas tidak perlu dinyalakan lagi. Kipas angin dihidupkan agar suasana lebih sejuk. Semua siswa dapat mengikuti pelajaran dengan semangat.Jenis paragraf tersebut adalah ….A. narasiB. persuasiC. deskripsiD. argumentasiKunci jawaban: CSoal 3Penyakit tuberkulosis bisa menular kepada siapa saja. Gejala tuberkulosis ditandai dengan batuk berdahak terus menerus lebih dari dua minggu. Penderita mengeluarkan dahak bercampur darah disertai demam berkepanjangan. Pengobatan penderita tuberkulosis dilakukan secara teratur. Penderita tuberkulosis seharusnya menutup mulut sewaktu batuk dan tidak meludah di sembarang tempat. Taatilah protokol pencegahan tuberkulosis agar kita terhindar dari penyakit tersebut!Jenis paragraf tersebut adalah ….A. persuasiB. deskripsiC. argumentasiD. eksposisiKunci jawaban: ASoal 4Hendrik Mulyadi nelayan di wilayah Pulau Lancang melihat ombak yang cukup tinggi. Kemudian ia mendengar dentuman sangat keras. Setelah itu, ia melihat puing beterbangan bersamaan dengan ombak yang tinggi. Ternyata ada pesawat jatuh. Itulah peristiwa yang disaksikan Hendrik Mulyadi pada Senin, 11 Januari 2021.Jenis paragraf tersebut adalah ….A. argumentasiB. deskripsiC. persuasiD. narasiKunci jawaban: BSoal 5Mengabaikan protokol kesehatan merupakan perilaku yang tidak hanya membahayakan diri sendiri. Keselamatan orang lain juga terancam jika banyak orang berinteraksi dengan bebas. Menjaga jarak, memakai masker, dan menjauhi kerumunan adalah perilaku cerdas yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus corona. Untuk itu, marilah jaga diri kita dan orang lain dengan melakukan gerakan 3 M.Jenis paragraf tersebut adalah ….A. argumentasiB. eksposisiC. deskripsiD. persuasiKunci jawaban: DBaca juga: Kumpulan Soal Menyusun Ringkasan ParagrafSoal Jenis Paragraf Nomor 6-10Soal 6Di Indonesia, perkembangan teknologi elektronika sangat pesat. Alat-alat yang digunakan masyarakat banyak menggunakan energi listrik. Alat-alat tersebut meliputi alat rumah tangga, alat kantor, dan alat komunikasi. Hal ini menyebabkan meningkatnya penggunaan energi listrik. Oleh karena itu, perlu adanya gerakan hemat listrik.Jenis paragraf tersebut adalah ….A. argumentasiB. deskripsiC. narasiD. persuasiKunci jawaban: ASoal 7Kebiasaan merokok membahayakan kesehatan. Ada berbagai bahan kimia berbahaya dalam kandungan rokok. Zat kimia tersebut dapat menimbulkan kanker apabila dihirup oleh perokok. Perokok pasif lebih rentan terkena bahaya asap rokok. Rokok juga menimbulkan ketergantungan para pemakainya.Jenis paragraf tersebut adalah ….A. persuasiB. deskripsiC. argumentasiD. narasiKunci jawaban: CSoal 8Virus Covid-19 termasuk berbahaya. Virus ini menyerang sel inang manusia di sistem pernapasannya. Persentase kesembuhan yang rendah bagi orang yang memiliki penyakit bawaan yang sedang dideritanya selama ini. Hal ini dikarenakan sistem imun pasien yang rendah. Untuk mencegah sekaligus memotong mata rantai penyebaran virus corona, pemerintah Indonesia mengeluarkan protokol kesehatan yang harus ditaati dan dipatuhi bagi seluruh masyarakat. Adapun protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan memakai sabun, dan lain-lain. Maka dari itu, mari laksanakan protokol kesehatan dengan baik agar terhindar virus Covid-19!Jenis paragraf tersebut adalah ….A. argumentasiB. deskripsiC. narasiD. persuasiKunci jawaban: DSoal 9Dowes Dekker memimpin harian De Express, setelah ia pulang ke Indonesia. Pada tahun 1912, bersama dr. Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat mendirikan partai politik pertama di Indonesia yaitu Indische Partij. Pada tahun 1913, ia dibuang ke Belanda karena kegiatannya dalam Komite Bumiputera. Ia pernah menentang peringatan 100 tahun kebebasan Belanda dari penjajahan Prancis. Lima tahun kemudian, beliau ke Indonesia dan mendirikan perguruan Ksatrian Institut.Jenis paragraf tersebut adalah ….A. deskripsiB. argumentasiC. persuasiD. narasiKunci jawaban: DSoal 10Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang berguna bagi tubuh. Dengan rutin berolahraga tubuh menjadi sehat, bugar, dan kuat. Selain itu, olahraga juga berguna bagi mental seseorang. Kita dapat menyimpulkan bahwa olahraga memiliki kegunaan bagi fisik dan mental manusia.Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ….A. argumentasiB. eksposisiC. deskripsiD. persuasiKunci jawaban: ASoal 11Raden Ajeng Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Beliau merupakan putri dari pasangan Raden Mas Adipati Sosroningrat dan Ngasirah. Kartini bersekolah di ELS (Europeesche Lagere School) hingga usia dua belas tahun. Setelah itu, beliau dipingit. Pada usia 24 tahun, Kartini menikah. Beliau menikah dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Kartini ingin menjadi guru dan mendirikan sekolah. Keinginan Kartini disambut baik oleh suaminya. Kartini pun mendirikan sekolah wanita di kompleks kantor Kabupaten Rembang.Jenis paragraf tersebut adalah ….A. argumentasiB. deskripsiC. persuasiD. narasiKunci jawaban: B
- Salah satu soal yang sering digunakan sebagai bahan evaluasi adalah soal membandingkan persamaan teks bacaan. Soal ini digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca dan memahami teks bacaan atau paragraf.Soal Membandingkan Teks BacaanPada halaman ini, akan disajikan 10 soal tentang membandingkan teks bacaan. Semoga dapat membantu kalian dalam belajar. Soal ini juga bisa digunakan sebagai bahan ulangan atau alat evaluasi berkaitan dengan materi memahami teks bacaan.Soal Membandingkan Teks Nomor 1-5Soal 1Teks 1Dudit Widodo telah sukses menjual rekaman siaran seluruh kegiatan memancingnya. Ia mendedikasikan kegemarannya untuk para penggemarnya melalui media siar. Kegiatan tidak hanya berlangsung di perairan air tawar saja melainkan sudah meliputi hampir seluruh perairan di wilayah Indonesia. Bahkan, ia sering melakukan kegiatan tersebut di mancanegara.Teks 2Tidak sedikit orang yang sering menghabiskan waktunya untuk sekedar mengail di embung desa itu. Mereka tidak peduli tentang hasil yang diperolehnya. Ikan kecil yang diperoleh sudah mampu menyenangkan hatinya. Dari pagi sampai malam hari para pengail setia menunggui embung tersebut. Bahkan tak jarang ada seorang ibu menjemput suaminya untuk segera pulang.Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ….A. kegemaranB. tempatC. hasilD. alatKunci jawaban: ASoal 2Teks 1Petugas Dinas Kesehatan Sleman melakukan pencegahan terhadap penyakit demam berdarah. Mereka melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan pengasapan. Selain itu, mereka juga menggiatkan Program Dokter Kecil. Dokter kecil diberi buku pegangan tentang pemberantasan nyamuk dengan insektisida.Teks 2Petani di Kabupaten Bantul melakukan pemberantasan wereng. Mereka menyemprot wereng dengan obat pembasmi serangga. Sebagian lahan pertanian yang terserang wereng dapat diselamatkan. Namun demikian, ada juga yang tidak bisa diselamatkan. Akhirnya, kerugian yang dialami para petani tidak terlalu besar.Persamaan kedua teks tersebut adalah ….A. tempat kejadianB. cara pemberantasanC. penggunaan insektisidaD. pelaku pemberantasanKunci jawaban: CSoal 3Teks 1Pembelajaran saat ini lebih banyak dilaksanakan secara daring. Baik melalui zoom, google meet, maupun webex. Ada juga yang menggunakan fasilitas WAG. Semua dilakukan untuk menyampaikan pesan kepada siswa agar siswa mendapatkan ilmu walau belajar dari rumah.Teks 2Pembelajaran di wilayah hijau bisa dilaksanakan secara luring. Guru dan siswa bisa bertatap muka langsung walau harus memperhatikan protokol kesehatan ketat. Sehingga dapat membantu siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran secara daring. Hail ini dilakukan dengan tujuan pembelajaran tersampaikan.Persamaan kedua teks tersebut adalah ….A. caraB. waktuC. tujuanD. kegiatanKunci jawaban: CSoal 4Teks 1Gozhali, dokter muda lulusan terbaik kampus kami berangkat ke Pulau Miangas untuk memimpin sebuah puskesmas di sana. Tekadnya hanya satu untuk mengentaskan penduduk sekitarnya dari penyakit TBC. Kegigihan dan ketekunan membuatnya lupa jika ia sudah meninggalkan kampung halamannya selama sepuluh tahun.Teks 2Dengan berbekal ijazah sarjana, Kartika mendirikan sekolah alam bagi anak-anak perambah hutan. Satu persatu anak yang ia jumpai diajak bergabung belajar bersama. Impiannya untuk menjadi guru di alam bebas membuatnya kuat hidup di perantauan. Kini, sudah satu dekade, Kartika mempunyai lima belas orang murid yang sangat menyayanginya.Persamaan kedua teks bacaan tersebut adalah ….A. asal daerahB. jenis kegiatanC. lama kegiatanD. tempat kegiatanKunci jawaban: CSoal 5Teks 1Di halaman rumah Bapak Karmiyo, diadakan pertunjukan kuda lumping. Pertunjukan tersebut sangat memukau penonton. Para pemain kuda lumping berasal dari warga sekitar. Gerakan tarian tersebut sangat eksotis. Penonton terhibur dengan pertunjukan tersebut.Teks 2Beberapa waktu yang lalu di pendapa rumah Ki Seno Nugroho diadakan pertunjukan wayang kulit. Pertunjukan tersebut dimainkan oleh dalang cilik, Ki Gading Pawukir Sena Putra. Penonton sangat terpukau dengan kepiawaian dalang. Kesenian tradisional ini selalu didambakan warga.Persamaan isi paragraf tersebut adalah ….A. pertunjukan kesenian tradisionalB. kesenian rakyat desaC. pertunjukan kuda lumpingD. pertunjukan wayang kulitKunci jawaban: ABaca juga: Kumpulan Soal Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan PersuasiSoal Membandingkan Teks Nomor 6-10Soal 6Teks 1Tempe merupakan makanan favorit banyak orang. Bahan utama pembuatan tempe yaitu kedelai. Pembuatan tempe memerlukan kecermatan. Alat yang dibutuhkan antara lain paci, penakar, dan kompor. Harga kedelai yang cukup mahal menjadi kendala bagi usaha pembuatan tempe.Teks 2Kedelai dapat dimanfaatkan untuk bahan pokok pembuatan susu. Alat yang dibutuhkan antara lain blender, saringan, dan wadah. Pemasaran menjadi kendala bagi usaha pembuatan susu kedelai. Belum semua orang tertarik dengan susu kedelai.Persamaan kedua teks tersebut adalah ….A. alat pembuatanB. makanan favoritC. bahan pokokD. kendala pembuatanKunci jawaban: CSoal 7Teks 1Kesehatan sangat penting bagi manusia. Sebagian warga menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga. Olahraga dapat dilakukan di dalam atau di luar ruangan. Berolahraga, membuat tubuh menjadi lebih sehat.Teks 2Sayur dan buah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, siswa dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah. Siswa mengonsumsi sayur dan buah di rumah atau di sekolah.Persamaan kedua teks tersebut adalah ….A. melakukan olahragaB. tempat kegiatanC. menjaga kesehatan tubuhD. pelaku kegiatanKunci jawaban: CSoal 8Teks 1Batik Yogyakarta memiliki ciri khas tersendiri. Batik Yogyakarta mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, namun ciri khas aslinya tetap dipertahankan. Nilai khas itulah yang disukai oleh para peminat batik.Teks 2Bakpia patuk adalah makanan khas tradisional dari Kampung Patuk, Yogyakarta. Bakpia Patuk berbentuk bulat pipih. Isi bakpia Patuk beraneka rasa. Ada rasa kacang hijau, coklat, keju, dan ubi. Industri bakpia Patuk mampu mengangkat perekonomian warga.Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ….A. watakB. tokohC. tempatD. kegiatanKunci jawaban: CSoal 9Teks 1Zaki sangat gemar memancing. Hampir setiap hari libur ia memancing di sungai. Biasanya ia mendapatkan beberapa ekor ikan. Ibunya menggoreng ikan-ikan tersebut sebagai lauk.Teks 2Rehan pergi ke sebuah danau pada hari Senin. Ia memancing ikan di sana. Ia mendapatkan banyak ikan. Ikan yang diperolehnya akan dilepaskan ke kolam miliknya.Persamaan kedua teks tersebut adalah … kegiatan.A. jenisB. waktuC. tempatD. pelakuKunci jawaban: ASoal 10Teks 1Pak Soma adalah seorang petani yang tinggal di pegunungan. Setiap pukul tujuh, Pak Soma sudah berada di kebunnya. Tanaman kopi di kebunnya tumbuh subur. Ia rajin dan tidak mengenal lelah untuk mengurus kebun kopinya. Hasil panennya pun selalu melimpah.Teks 2Pak Sabar adalah seorang petani cabai yang tinggal di dekat pantai. Jatuh bangun dalam bertani telah ia rasakan. Sudah berkali-kali ia mengalami gagal panen dan merasakan harga jual cabai yang murah. Tapi semua itu tidak membuatnya patah semangat. Ia tetap menekuni pekerjaannya itu.Persamaan kedua teks tersebut adalah ….A. jenis tanaman palawijaB. keuletan pelaku kegiatanC. kegiatan memanen hasilD. tempat kegiatan berlangsungKunci jawaban: BSoal 11Teks 1Batu dan pasir merupakan salah satu contoh sumber daya alam. Keduanya didapat dengan cara ditambang. Batu dan pasir dapat langsung digunakan tanpa diolah terlebih dahulu. Patung dan beberapa karya lainnya juga dapat dibuat dari batu dan pasir.Teks 2Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki berbagai manfaat. Salah satu manfaatnya adalah sebagai penghasil kayu. Kayu dapat dimanfaatkan uńtuk bahan bakar. Selain itu, kayu dapat digunakan sebagai bahan bangunan.Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ….A. pemanfaatan sumber dayaB. sumber daya alamC. berbagai cara pengolahanD. jenis usaha masyarakatKunci jawaban: A