Mekanisme pelaksanaan pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, dan pertimbangan daya dukung. Dalam tahap perencanaan pembelajaran diwujudkan dengan kegiatan menyusun RPP.Prinsip-Prinsip Menyusun RPPDalam menyusun RPP sesuai dengan kurikulum 2013, hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan siswa.Partisipasi aktif siswa.Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi.Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi.Mengembangkan kemandirian belajar siswa.Demikian 9 prinsip menyusun RPP sesuai dengan kurikulum 2013. Apabila menurut Anda masih terdapat aspek yang belum dimasukkan silahkan dituliskan dalam kolom komentar, terima kasih.
Mekanisme pelaksanaan pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, dan pertimbangan daya dukung. Dalam tahap perencanaan pembelajaran diwujudkan dengan kegiatan menyusun RPP.
Prinsip-Prinsip Menyusun RPP
Dalam menyusun RPP sesuai dengan kurikulum 2013, hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan siswa.
- Partisipasi aktif siswa.
- Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi.
- Mengembangkan kemandirian belajar siswa.
Demikian 9 prinsip menyusun RPP sesuai dengan kurikulum 2013. Apabila menurut Anda masih terdapat aspek yang belum dimasukkan silahkan dituliskan dalam kolom komentar, terima kasih.