Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP, KKM DAN PROMES PROTA PPKN SMP KELAS 9 SMP (MTs) EDISI REVISI 2017-2018

DOWNLOAD RPP, KKM DAN PROMES PROTA PPKN SMP KELAS 9 SMP (MTs) EDISI REVISI 2017-2018
RPP,KKM DAN PROMES PROTA PPKN SMP KELAS 9 SMP (MTs) EDISI REVISI 2017-2018. RPP  adalah rencana  kegiatan  pembelajaran tatap  muka  untuk satu  pertemuan  atau lebih. RPP  dikembangkan  dari silabus  untuk  mengarahkan kegiatan  pembelajaran peserta  didik dalam  upaya  mencapai Kompetensi  Dasar  (KD). Rujukan  penyusunan Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP)  adalah Peraturan  Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor  22 Tahun  2016  Tentang Standar  Proses  Pendidikan Dasar  dan Menengah  dan Permendikbud  No.103  Tahun 2014  tentang  Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Setiap pendidik pada satuanpendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap  agar pembelajaran  berlangsung secara interaktif,inspiratif,  menyenangkan,  menantang, efisien,   memotivasi  peserta   didik   untuk  berpartisipasi   aktif,   serta memberikan ruang  yang  cukup bagi  prakarsa,  kreativitas, dan  kemandirian  sesuai dengan   bakat,  minat,  dan   perkembangan   fisik  serta   psikologis   peserta  didik.  Pengembangan RPPdilakukansebelum semester atau  tahun pelajarandimulai, namun  perlu diperbaharui sebelumpembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan RPP dapatdilakukan oleh  guru secara mandiridan/atau  berkelompok  di sekolah/madrasah dikoordinasi,difasilitasi, dan disupervisi oleh kepalasekolah/  madrasah. Pengembangan RPP dapat jugadilakukan oleh guru secara berkelompok antar sekolah atau antar wilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisioleh dinas  pendidikan atau kantor KementerianAgama setempat.

Pengembangan RPP yangdilakukan oleh guru, harus mengintegrasikan dan memperkuat 4 hal penting sesuaiketentuan regulasi yang dilakukan oleh Kemendikbud, antara lain :
a.Memuat  rancangan  penguatan karakter,  sesuai  Perpres 87  tahun  2017 tentang penguatan  Pendidikan  Karakter berdasarkan  karakteristik  mata pelajaran masing-masing.
b.  Memuat rancangan literasi sesusai kerakteristik mata pelajaran.
c.Memuat  rancangan  pembelajaran abad  21  (4  C)  sesuai karakteristik  mata pelajarannya. PendidikanPancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VII Tahun 2018
d.Memuat rancangan pembelajaran HOTS sesuai karakteristik mata pelajarannya.

Prinsip Penyusunan RPP. Dalammenyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
a.  Perbedaan individual peserta didik antaralain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat,  potensi,  minat, motivasi  belajar,  kemampuan sosial,  emosi,  gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya,norma,  nilai, dan/atau lingkunganpeserta didik.Partisipasi aktif peserta didik.
b.  Berpusat pada  peserta  didik untuk  mendorong  semangat belajar,  motivasi,  minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi,inovasi dan kemandirian.
c.  Pengembangan budaya  membaca  dan menulis  yang  dirancang untuk mengembangkan kegemaran  membaca,  pemahaman beragam  bacaan,  dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
d.  Pemberian umpan  balik  dan tindak  lanjut  RPP memuat  rancangan  program pemberian umpan balik positif,penguatan, pengayaan, dan remedi.
e.  Penekanan pada  keterkaitan  dan keterpaduan  antara  KD, materi  pembelajaran, kegiatan  pembelajaran, indicator  pencapaian  kompetensi, penilaian,  dan  sumber belajar  dalam satu keutuhan  pengalaman  belajar. g. Mengakomodasi  pembelajaran tematik-terpadu,  keterpaduan lintas  mata  pelajaran, lintas  aspek  belajar, dan keragaman budaya.
f.  Penerapan teknologi  informasi  dan komunikasi  secara  terintegrasi, sistematis,  dan efektif sesuai dengan situasi dankondisi.


Komponen RPP. Peraturan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22Tahun  2016 Tentang  Standar Proses  Pendidikan Dasar  dan  Menengah menyebutkan  komponen  RPP adalah sebagai berikut:
a.identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b.identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c.kelas/semester;
d.materi pokok;
e.alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk  pencapaian KD dan  beban belajar denganmempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f.  tujuan pembelajaran  yang  dirumuskan berdasarkan  KD,  dengan menggunakan  kata kerja operasional yang dapat diamati dandiukur,  yang mencakup sikap,pengetahuan, dan keterampilan;
g.kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h.materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan  ditulis dalam  bentuk  butir-butir sesuai  dengan  rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i.  metode pembelajaran, digunakan  oleh  pendidik untuk mewujudkan suasana belajar  dan proses pembelajaranagar peserta didik mencapai KD yang  disesuaikandengan  karakteristik  peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j.  media pembelajaran,  berupa  alat bantu  proses  pembelajaran untuk menyampaikan  materipelajaran;
k.sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l.langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan  penutup; dan
m.penilaian hasil pembelajaran.

UNDUHRPP, KKM DAN PROMES PROTA PPKN SMP KELAS 9 SMP (MTs) EDISI REVISI 2017-2018

RPP PPKN KELAS 9 BAB I(UNDUH)

RPP PPKN KELAS 9 BAB 2(UNDUH)

RPP PPKN KELAS 9 BAB 3(UNDUH)

RPP PPKN KELAS 9 BAB 4(UNDUH)

RPP PPKN KELAS 9 BAB 5(UNDUH)

RPP PPKN KELAS 9 BAB 6(UNDUH)

PROTA PPKN KELAS 9 (UNDUH)

PROMES PPKN KELAS 9 (UNDUH)

FORMAT KKM PPKN KELAS 9(UNDUH)



UNTUK UNDUH RPP, KKM DAN PROMES PROTA PPKN SMP KELAS 7 SMP (MTs) EDISI REVISI 2017-2018 ---DISINI---


UNTUK UNDUH RPP, KKM DAN PROMES PROTA PPKN SMP KELAS 8SMP (MTs) EDISI REVISI 2017-2018 ---DISINI---

Demikian info tentang RPP,KKM, PROTA, PROMES PPKN SMP KELAS 9 SMP/MTS KURIKULUM 2013 Edisi Revisi2017-2018. Terima kasih.




= Baca Juga =