Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOAL LATIHAN UN UNBK (USBN) PROGRAM PAKET C MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

SOAL LATIHAN UN UNBK(USBN) PROGRAM  PAKET C MATA PELAJARAN BAHASAINDONESIA



Berikut Contoh Latihan Online Soal Latihan UN UNBK(USBN) Program Kesetaran Program  Paket CMata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2019 (Program IPA, IPS, Bahasa). Desain soal latihan ini sebagai hasil pelatihan membuat soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa digunakan untuk sekedar memberikan persiapan berlatih mempelajari Soal Latihan UN UNBK (USBN) Program Kesetaran Program  Paket C Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2019 (Program IPA, IPS, Bahasa) ala games.



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

(1)Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlahsalah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memilikibobot 1);
(3)Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1.  Cerita  ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalahyang aktual dan sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya dapat diterima akalsehat serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan panjang lebar karaktertokoh-tokohnya. Jadi cerita tidak kabur. Sayang pengarang seringmengulang-ulang kata porno. Dalam satu buku, mungkin lebih dari empat kisah.

Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan buku adalah ...
A. Cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan       
B. Karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang       
C. Pengarang menghidupkan cerita dengan cerita porno dan menghalangi    
D. Cerita diungkapkan seperti lazimnya cerita yang lain        
E. Kebosanan dapat diatasi oleh pembaca  buku ini         

2. Pelan-pelan dibukanya pintu WC, dengan berjingkat dia berjalan menujugudang. Suara gemerisik itu semakin jelas. Laras memberanikan diri untukmendekati gudang. Dia megambil sapu ijuk bergagang kayu yang terletak di dekatdapur. Dia berencana memukul pencuri itu bila kepergok.

Berdasarkan kutipan cerpen di atas, watak tokoh Laras  adalah....
A. mandiri
B. kritis
C. pemarah.
D. pemalu
E.  pemberani

3. Bacalah dengan seksama biografi berikut!

Subagio Sastrowardoyo

Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia. Sajak dan Kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan. Tahun 1966 dan 1967, sajaknya yang berjudul ”Dan Kematian Makin Akrab” merupakan pemenang hadiah majalah Horison. Tahun 1971, Subagio menerima Anugerh Seni untuk sajaknya ”Daerah Perbatasan” ( 1970 ). Tahun 1991, Subgio menerima Hadiah Sastra ASEAN untuk kumpulan sajaknya Simfoni Dua ( 1990 ).

Dalam buku Sastra Indonesia Modern II ( 1957 – 1989 ), Prof. Dr.Teeuw mengatakan , ”Subagio adalah cendikiawan yang bacaannya sangat luas seperti tercermin dalam sajak-sajaknya dan juga dari tulisan-tulisan kritiknya.” Bahkan, lebih lanjut ahli satra itu menyatakan, ” Di antara semua penyair Indonesia modern, memang dialah yang paling menarik bagi saya”.

Hal yang perluditeladani dari tokoh Subagio Sastrowardoyo adalah ... .
A. Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia.
B.  Sajak dan kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan.
C. Lewat karyanya, ia mengharumkan nama bangsa dan negara.
D. Subagio adalah cendekiawan yang bacaannya sangat luas.
E. Subagio sangat disegani di kalangan sastrawan.


Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 4–5.
Tiba-tiba aku ingat lagi pada Kakek dan kedatangannya Ajo Sidi kepadanya. Apakah Ajo Sidi telah membuat bualan tentang Kakek? Dan bualan itukah yang mendurjakan Kakek? Aku ingin tahu. Lalu aku tanya Kakek lagi:
”Apa ceritanya, Kek?”
”Siapa?”
”Ajo Sidi.”
”Kurang ajar dia.” Kakek menjawab.
”Kenapa?”
”Mudah-mudahan pisau cukur ini, yang kuasah tajam-tajam ini, menggoroh tenggorokannya.”
”Kakek marah?”
“Marah? Ya, kalau aku masih muda, tapi aku sudah tua. Orang tua menahan ragam. Sudah lama aku tak marah-marah lagi. Takut aku kalau imanku rusak karenanya, ibadatku rusak karenanya. Sudah begitu lama aku berbuat baik, beribadat, bertawakal kepada Tuhan. Sudah begitu lama aku menyerahkan diriku kepada-Nya. Dan Tuhan akan mengasihi orang yang sabar dan tawakal.”
(cerpen: Robohnya Surau Kami)


4. Konflik pada diri Kakek dalam kutipan cerita pendek tersebut adalah … 
A.  Ajo Sidi berbualterhadap Kakek
B.  si Aku membuat rasamarah Kakek
C.  kemarahan Kakek kepadaAjo Sidi
D.  Kakek dan Ajo Sidibermusuhan
E.  si Aku yang menggangguKakek

5. Pendeskripsian watak Kakek seorangyang emosional sesuai isi kutipan cerita pendek cerpen tersebut adalahmelalui ….
A.  pikiran-pikiran tokoh 
B.  tanggapan tokoh lain
C.   tindakan tokoh 
D.  dialog antartokoh
E.  bentuk lahir tokoh


6. Persamaan kedua teks cerita tersebut adalah….
A. menggunakan sudut pandang orang ketiga
B. menguraikan watak tokoh kakek dan dosen yang lugu
C. konflik tentang masa depan tokoh/kakek dan dosen.
D. latar cerita di rumah tokoh utama.
E.tema cerita tentang kesabaran tokoh

7.  Ringkasan Isi cerita pada teks 2 adalah ……
A. Di kantin sebuah universitas,Udin dan Tono dua orang mahasiswa sedang berbincang-bincang.
B. Mendengar pernyataanTono, Udin menanyakan apa hubungan antara menjadidosen, kalau dia tidak mau berdiri saat mengaiar.
C. Teka-teki Tono tentang dosen Udin yang yang enggan berdiri kalau sedangmengajar di kelas Tono.
D. Udin menerka teka-teki Tono, bahwa dosennyaa barangkali saja capek ataukakinya tidak kuat berdiri.
E.  Tono meminta agar Udin menerka teka-tekinya tentang sebab dosen ilmupolitiknya yang kalau mengajar selalu duduk.


Bacalah paragraf berikutdengan saksama untuk menjawab soal nomor 8 s.d. 10.
(1) Badan Pertahanan Nasional menyatakan ada 73 hektare lahan lerlantar. (2) Lahan jutaan hektare tersebut selayaknya tidak dibiarkan terlantar. (3) Undang-undang agraria mcnyebutkan semua hak atas tanah mempunyai furigsi sosial. (4) Pemerintah dituntut memiliki kebijakan dan strategi pertahanan nasional, membagi dengan jelas peruntukan lahan pertanian, industri, permukiman, dan hutan. (5) FIal itu akan men jamin kepastian hukum sehingga setiap orang dapat bekerja dan berproduksi dengan tenang.


8.  Arti kata strategi pada paragraf tersebut adalah ....
A. musyawarah untuk melaksanakan kegiatan
B. cara menempatkan personel dalam mengatur kegiatan
C. rencana yang cermat mengenai kegiatan sesuai dengan tujuan
D. usulan untuk menyusun sebuah kegiatan
E. rencana untuk melaksanakan suatu tujuan

9. Kalimat fakta terdapat pada kutipan teks di atas terdapat pada nomor....
A. (1) dan (3) 
B. (1) dan (4) 
C.(2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E.  (4) dan (5)

10. Tujuan penulis pada paragraf terebut adalah ….
A. Memberitahukan pembagian lahan terlantar yang belum dilakukan denganjelas.
B. Menuntut pemerintah untuk mematuhi Undang-Undang Agraria.
C. Menginformasikari bahwa Badan Pertahanan Nasional mempunyai data lahanterlantar.
D. Menjelaskan kebijakan dan strategi pemerintah tentang pertahanannasional.
E. Mengimbau adanya kepastian hukum agar orang dapat bekerja dengan tenang.

Anda saat ini berada di laman contoh Latihan Online Soal Latihan UN UNBK (USBN) Program Kesetaran Program  Paket C Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2019 (Program IPA, IPS, Bahasa) (Tahun Pelajaran 2018/2019) Khusus untuk Program IPA, IPS dan Bahasa)Sekali lagi perlu saya ingatkan bahwa ini bukan Bocoran Soal UNBK USBN Bahasa Indonesia Program Paket C Tahun 2019, namun ini hanya soal latihan yang telah disusun Sesuai Kisi-kisi UN Program Paket C Tahun 2019. Bagi yang sedang mencoba, Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!



11. Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah . . .
A. Kenaikan BBM memicu keresahan banyak pihak.
B. Ibu rumah tangga yang merasakan dampak kenaikan BBM.
C. Harga BBM resmi dinaikkan sebesar dua ribu rupiah. 
D. Aksi protes dari mahasiswa pun tak dapat ditahan lagi. 
E  Kenaikan BBM mesti disadari demi kesejahterahan rakyat. 

12.  Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut kepada . . .
A. ibu rumah tangga
B. pelajar
C. pemerintah
D.masyarakat
E. pedagang

13. Bacalah topik dan urutan kalimat penjelas berikut ini!

Topik : Keperingkatan Bangsa Amerika
Kalimat penjelas :
(1). Indonesia mengirim pemuda pelajar untuk belajar di Amerika demi kemajuan Indonesia di masa depan.
(2). Dalam dunia bisnis Amerika menduduki berbagai peringkat.
(3). Majalah terkenal seperti Fortune atau US News sering menampilkan peringkat perusahaan milik Amerika dan keuntungannya.
(4). Salah satu ciri khas bangsa Amerika adalah kesukaannya meningkatkan peringkat prestasi dalam bidang apapun.
(5). Di Indonesia, bangsa Amerika banyak melakukan bisnis.


Kalimat penjelas yangberhubungan dengan topik tersebut adalah .... 
A. Kalimat (1), (2), dan (3)
B. Kalimat (2), (3), dan (4)
C. Kalimat (2), (3), dan (5)
D. Kalimat (2), (4), dan (5)
E. Kalimat (3), (4), dan (5)


Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 14 dan 15!
Peragawati minta diambilkan tas berisi buku dan beberapa rol film. “Sebelum ke bank kamu ke Kemang dulu memfotokopi buku dan cuci-cetak film ini. Tinggal saja di sana. Setelah dapat uang dari bank kembalilah membayar fotokopi dan foto. Lalu ke laundry ngambil pakaian tuan sekalian membayar tagihan minggu lalu. Suruh sopir cepat ke kantor menjemput tuan. Bilang, jangan mampir-mampir. Kamu sendiri kembali ke sini naik taksi. Paham?!”
(1) Ia tenggelam di dalam mobil kelas satu. (2) Di tangannya segepok uang dari bank, jumlahnya berlipat-lipat gajinya sendiri. (3)“Alangkah kecil diriku, gajiku cuma sekali biaya ke laundry pun belum cukup!” (4) Hati kecilnya teraduk-aduk. (5) Sementara itu di sebelahnya sopir dibakar cemburu dan marah. (6) Mulutnya ngocol terus. (7) Dia akan melawan siapa saja yang mencurigai dan memfitnahnya sebagai pencuri. (8) Dia siapkan golok di bawah bagasi mobil.


14. Nilai-nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut adalah … .
A. menahan kemarahan  dan mengerjakan sesuatu dengan sabar
B. menggantikan tugas orang  dan melaksanakannya dengan ikhlas 
C.  menjaga kepercayaan dan melaksanakan perintahdengan baik
D. mencegah seseorang berbuat tidak baik dan selaluwaspada
E.  menghindari kecurigaan dan menjauhi perbuatanfitnah

15. Kalimat berupa majas dalam paragraf ke-2 kutipancerpen tersebut terdapat pada kalimat bernomor 
A.  (1), (2), dan (3)
B.  (1), (4), dan (5)
C.  (2), (3), dan (4)
D.  (5), (6), dan (7)
E.  (6), (7), dan (8)

16.  Cermati larik pantunberikut!     
Di malam hari menonton wayang
Dalangnya bercerita piawai sekali
Dalam sehari-hari berkasih sayang

Larik yang tepat untukmelengkapi pantun tersebut adalah … .
A. Hidup damai senanglah hati
B. Janganlah bimbang mari kemari
C. Membaca tembang, kita menari
D. Siapa bilang, tak senang di sini
E. Selamat datang, tuan putri

Cermati kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 17 dan 18!
(1) Banjir besar telah melanda kota Jakarta. (2) Ratusan rumah warga diperkirakan telah tenggelam. (3) Kerugian yang telah terjadi mencapai 39,5 miliar rupiah dan telah menelan korban 10 orang meninggal dunia. (4) Seorang warga dari luar kota Jakarta menyurati kantor redaksi surat kabar. (5) Surat itu berisikan pernyataan sikap terhadap kondisi Jakarta. (6) Menurut warga tersebut, Jakarta pada kenyataannya tidaklah seperti kota Metropolitan yang selama ini terlihat fenomenal seperti dalam sinetron.


17. Pada paragraf di atas terdapat dua kalimat yang berisi pernyataan berupafakta yang ditandai nomor …
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (5)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
E. (5) dan (6)

18. Pada paragraf di atas terdapat kalimat yang berisi pernyataan opini yangterletak pada kalimat …
A. (1) dan (2)  
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (6)  
D. (4) dan (5)
E. (4) dan (6)  

19. Perhatikan kutipan paragraf berikutini!
Minat investor asing yang tinggi ke negara berkembang  bisa dilihat dari transaksi yang terjadi di pasar modal. Dalam tiga tahun terakhir, arus modal asing ke pasar saham dan pasar uang di negara berkembang sangat besar.

Makna istilah investor padaparagraf di atas adalah ….
A. nasabah 
B. pengusaha 
C. penanam modal 
D. penguasa
E. pemilik uang

20. Kata-katamu sungguh pedas untuk didengar.
Kalimat di atastermasuk dalam perubahan makna kata?
A. Sinestesia
B. Generalisasi
C.  Asosiasi
D. Spesialisasi
E.  Peyorasi

Anda saat ini berada di laman contoh Latihan Online Soal Latihan UN UNBK (USBN) Program Kesetaran Program  Paket C Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2019 (Program IPA, IPS, Bahasa) (Tahun Pelajaran 2018/2019) Khusus untuk Program IPA, IPS dan Bahasa)Sekali lagi perlu saya ingatkan bahwa ini bukan Bocoran Soal UNBK USBN Bahasa Indonesia Program Paket C Tahun 2019, namun ini hanya soal latihan yang telah disusun Sesuai Kisi-kisi UN Program Paket C Tahun 2019. Bagi yang sedang mencoba, Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


21. Ide pokok paragraf tersebut adalah . . . 
A. kerjasama pemerintah Salatiga dengan Pemprov Jawa Tengah 
B. upaya menggulangi kelangkaan elpiji di Kota Salatiga 
C. stok elpiji di Kota Salatiga
D. penambahan stok elpiji per Juni 2016 
E. stok elpiji melon di Kota Salatiga

22.  Makna kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalahperhitungan . . .
A. tentang hal-hal yang belum terjadi.
B. tentang hal-hal yang sudah terjadi.
C. rata-rata yang terjadi.
D. rata-rata setiap bulan.
E. permintaan yang akan datang.


23. Bagaimana Kota Salatiga mengantisipasi kelangkaan elpiji menjelanglebaran? 
A.   Stok elpiji ditambah dua kali lipat di Pemprov Jawa Tengah. 
B.  Mulai Juni 2016 stok elpiji di Kota Salatiga akan ditambah dua kalilipat. 
C.  Pemesan elpiji pemerintah Salatiga ditambah dua kali lipat. 
D.  Pemerintah bekerja sama dengan pemasok. 
E.  Mengurangi penggunanaan elpiji di lingkungan rumah tangga.

Untuk menjawab soal nomor 24 s.d. 26 perhatikan puisi berikut!



24.  Maksud larik pertama puisi tersebut adalah ….
A. akhir peristiwa yang terjadi
B. akhir sebuah perjuangan
C. akhir sebuah kematian
D. nasib akhir seorang prajurit
E. gugurnya seorang prajurit


25. Suasana dalam puisi tersebut adalah …..
A. romantik 
B.  kesunyian
C. semangat
D. bimbang
E.  haru

26. Kata nasibwaktu dalam puisi tersebut melambangkan …
A.  perjuangan  
B.  pandangan hidup
C.  penderitaan
D.  kemerdekaan
E.   masa depan

27.  Cermati paragraph berikut!

(1) Lagi-lagi gaya hidup yang tidak sehat dituduh sebagai salah satu biang keladi menurunnya fungsi otak. (2) kebiasaan makan makanan yang salah dapat disebut sebagai contoh. (3) Apalagi, maraknya makanan yang “enak-enak” berkadar gula, garam, dan lemak tinggi yang dijajakan membuat kita kerap tak kuasa menahan diri. (4) Hal ini dapat kita lakukan dengan pengecekan gula darah, kadar asam urat, dan tensi ke laboratorium. (5) akibatnya, aliaran darah ke otak terhambat oleh pengerasan dan penyempitan pembuluh darah.

Kalimat tidak padu padaparagraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . .

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 28–30.
(1) Teks dapat diperinci menjadi berbagai jenis teks, yaitu deskripsi, penceritaan (recount), prosedur, laporan, eksplanasi, eksposisi, diskusi, surat, iklan, catatan harian, negosiasi, pantun, dongeng, anekdot, dan fiksi sejarah. (2) Semua itu dapat dikelompokkan ke dalam teks cerita, teks faktual, dan teks tanggapan. (3) Dua kelompok yang disebut terakhir itu merupakan teks nonsastra yang masing-masing dapat dibagi menjadi teks laporan dan teks prosedural, transaksional, dan teks ekspositorial. Sementara itu, teks cerita merupakan jenis teks sastra yang dapat diperinci menjadi teks cerita naratif dan teks cerita nonnaratif.


28. Maksud kata acuan itu yangbercetak miring pada kalimat ke-2 paragraf tersebut adalah … .
A. teks dapat
B. dapat diperinci
C. menjadi berbagai
D. diperinci menjadi
E.  jenis teks

29. Inti kalimat pertama pada paragraf tersebutadalah … .
A. teks diperinci menjadi berbagai teks
B. jenis teks setelah dilakukan perinciannya
C. perincian teks dalam berbagai jenis teks
D. beragam teks yang dapat diperinci
E. diketahui jenis perincian teks

30. Kesalahan penggunaankata pada paragraf tersebut adalah … .
A.  diperinci pada kalimat (1)seharusnya dirinci 
B   faktual pada kalimat (2)seharusnya factual  
C.  nonsastra pada kalimat (3)seharusnya tak sastra  
D.  ekspositorial pada kalimat (4)seharusnya ekspositori  
E.  nonnaratif pada kalimat (5)seharusnya tidak narasi  

Anda saat ini berada di laman contoh Latihan Online Soal Latihan UN UNBK (USBN) Program Kesetaran Program  Paket C Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2019 (Program IPA, IPS, Bahasa) (Tahun Pelajaran 2018/2019) Khusus untuk Program IPA, IPS dan Bahasa)Sekali lagi perlu saya ingatkan bahwa ini bukan Bocoran Soal UNBK USBN Bahasa Indonesia Program Paket C Tahun 2019, namun ini hanya soal latihan yang telah disusun Sesuai Kisi-kisi UN Program Paket C Tahun 2019. Bagi yang sedang mencoba, Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

31. Cermati pragraf berikut!

Pertandingan seru terjadi di Stadion Gelora Bung Karno, kedua tim bermain sangatsportivitas. Babak pertama berakhir dengan score  sama kuat, yaitu 0-0. Pada babak kedua, situasi pertandingan semakin meningkat. Banyak peluang dari kedua tim untuk mencetak gol. Hingga akhirnya pada menit ke-85, kiper membuat kesalahan dalam membuang bola dan dimanfaatkan oleh pemain lawan hingga membuahkan hasil, menjadi 1-0. Kondisi tersebut membuat kiper dituding sebagai kambing hitam atas kekalahan yang dialami oleh team tersebut.

Perbaikan ketiga istilah yang dicetak miring padaparagraf tersebut adalah .... 
A. sportifitas, sekor, tem  
B.  sportivitas, skor, tim  
C.  sportif, sekor, tem  
D. sporter, skor, tim  
E.  sportif, skor, tim  

Cermati kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 32 s.d.34!
(1) Dalam upaya pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal  polutan gas ataupun butiran padat. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas zon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh tegukan hutan dalam waktu delapan jam. (3) Komplek industri  yang mengeluarkan polutan belerang dioksida di Uni Rusia ternyata berkurang dengan adanya jalur vegetasi kayu selebar 500 m yang mengelilingi kawasan industri tersebut. (4) Tumbuhan berkayu ataupun pohon memang diandalkan dalam penyelamatan keadaan lingkungan seperti tanah, air, dan udara walaupun peran pohon tersebut sebatas pada lingkungan, yang belum akut. (5) Pohon memang tidak akan mampu menetralisasi polusi, terutama pada kawasan industri besar. 

32. Ide pokok paragraf tersebut adalah …. 
A. pencegahan pencemaran 
B. kemampuan hutan 
C. penyelamat lingkungan 
D. populasi gas ozon 
E.  penetralisasi polusi 

33. Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (5)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)
  
34. Kata tidak baku terdapat pada kalimat …. 
A.   (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.   (5)

35. Cermati Teks Berikut!

Teks 1
Indonesia punya menu ayam goreng yang rasanya sangat lezat. Yaitu, ayam goreng Kalasan. Ayam goreng Kalasan ini rasanya sangat gurih. Ada bumbu kriuk yang selalu setia menemani ayam goreng kampung ini. Salah satu perbedaan yang paling penting ayam goreng Kalasan menggunakan ayam kampung. Ayam Kalasan ini dimasak dengan aneka rempah khas Indonesia. Pasti lebih sehat karena tanpa penyedap rasa yang berlebihan.

Teks 2
Rendang adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakaan khas dari Sumatera Barat ini sangat digemari semua kalangan. Tidak saja masyarakat Indonesia bahkan luar negeri pun menggemarinya. Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa. Rendang menggunakan bumbu khas Indonesia. Bumbu tersebut yaitu cabai, lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lain.


Persamaanide kedua artikel tersebut adalah ...
A. Masakan Indonesia yang digemari masyarakatluar negeri 
B. Masakan yang tidak menggunakan penyedap rasa
C. Masakan-masakan khas Indonesia 
D. Bumbu masakan khas Indonesia
E. Wisata kuliner Indonesia


36. Cermati kutipan Novel berikut ini!

Angin bertiup sepoi-sepou. Cuaca begitu cerah cemerlang terkena sinar rembulan. Bintang-bintang bertaburan di atas langit seperti permata bertebaran di atas permadani. Di sebelah sana melancarlah biduk para nelayan yang sedang mengadu nasib dan untung, menentang besarnya gelombang yang penuh dengan marabahaya.

Latar dari kutipan novel tersebut ialah …
A. Malam hari di langit biru
B. Malam hari di laut lepas
C. Pagi hari di samudera raya 
D. Siang hari di tengah laut 
E. Maghrib sewaktu adzan maghrib
     

37. Cermati penulisan judul berikut!

Saya telah membaca buku sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan daerah istimewa Yogyakarta. Isi buku itu untuk salah satu sumber karya ilmiah saya yang sedang saya tulis.

Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah … .
A. Sistem gotong royongdalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
B. Sistem Gotong Royongdalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
C. Sistem Gotong RoyongDalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
D. Sistem gotong Royongdalam masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
E. Sistem Gotong Royongdalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta


38. Cermati paragraf berikut!

Inflasi merupakan suatu hal yang wajar dan tidak dapat dihindari oleh setiap negara. Hal ini, disebabkan oleh proses pembangunan yang mengeluarkan pembiayaan yang besar untuk membangun industri dan proyek pembangunan lainnya… tidak dapat dicapai keseimbangan antara jumlah persediaan barang dengan jumlah uang yang beredar. Inflasi yang tidak terkendali akan membawa dampak yang negatif, seperti kurangnya hasrat untuk berinvestasi, banyaknya usaha yang spekulasi terhadap barang-barang kebutuhan masyarakat, mengurangi tabungan, dan memacetkan usaha.

Konjungsi sebab akibat yang tepat untuk melengkapiparagraf tersebut adalah
A. apabila
B. karena
C.  bahwa
D. walau
E. sehingga


39. Bacalah kalimat-kalimatberikut!

(1) Dapat pula dikemukakan bahwa dalam paragraf yang kohesif tidak terdapat kalimat yang saling bertentangan.
(2) Kohesif bermakna kepaduan.
(3) Paragraf yang kohesif adalah paragraf yang hubungan antar kalimatnya padu atau berjalinan erat.
(4) Kepaduan itu ditandai dengan terciptanya saling mendukung antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya.
(5) Lebih jelas lagi dapat dikatakan bahwa paragaraf yang kohesif ditandai dengan tidak terjadinya saling mengingkari antara kalimat satu dengan kalimat lainnya.

Urutan kalimat yangtepat untuk membtuk paragraf yang padu adalah .…
A. (2), (3), (5), (4), (1)
B. (1), (3), (5), (4), (2)
C. (5), (3), (2), (4), (1)
D. (2), (4), (5), (3), (1)
E. (2), (3), (4), (5), (1)

40.  Cermati paragraf berikut!

Pesatnya perkembangan iptek telah menggugah keingintahuan masyarakat terhadap sains. Untuk itu, tidaklah mengherankan jika media massa itu terus ... memenuhi kebutuhan pembacanya akan sajian-sajian iptek dengan intensitas dan visi yang berbeda-beda. Setiap media akan …tulisan-tulisan iptek sesuai dengan selera pembacanya. Namun, dalam fungsinya sebagai media massa, tentulah tulisan-tulisan tersebut ... dengan bahasa dan gaya penulisan populer.  


Kata berimbuhan yang tepatmelengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. mencobakan, disajikan, ditampilkan 
B.  mencoba, menyajikan, ditampilkan 
C. mencoba, menyajikan, menampilkan
D. menyoba, menyaji, menampilkan
E. dicoba, disajikan, ditampilkan


Anda saat ini berada di laman contoh Latihan Online Soal Latihan UN UNBK (USBN) Program Kesetaran Program  Paket C Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2019 (Program IPA, IPS, Bahasa) (Tahun Pelajaran 2018/2019) Khusus untuk Program IPA, IPS dan Bahasa)Sekali lagi perlu saya ingatkan bahwa ini bukan Bocoran Soal UNBK USBN Bahasa Indonesia Program Paket C Tahun 2019, namun ini hanya soal latihan yang telah disusun Sesuai Kisi-kisi UN Program Paket C Tahun 2019. Bagi yang sedang mencoba, Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!


41. Cermati teks prosedur kompleks berikut!

Proses Pembuatan Kartu Pelajar di Sekolah.
(1)   Datanglah ke kantor TU di sekolah Anda!
(2)   mintalah blangko untuk kartu pelajar kepada petugas yang berjaga!
(3)   ….
(4)   Setelah blangko selesai Anda isi serahkan kepada petugas yang berjaga!
(5)   Setelah itu Anda akan memasuki ruang pengambilan foto!
(6)   Setelah berfoto kartu pelajar akan selesai kurang lebih 2 minggu.


Kalimat yang tepat untuk melengkapai teks tersebut adalah. …
A.  Anda boleh memfotokopi blangko yang sudah diisi
B.  Isilah blangko dengan data yang benar dan jujur!   
C.  Tempelkan foto di tempat yang telah disediakan
D.  Pergilah ke kepala sekolah untuk meminta tanda tangan!
E.  Cermati kelengkapan format dalam blangko!  

42.  Cermatilah paragraf berikut!

Lembah Harau, di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter. Di Harau ini banyak keindahan yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. ... Dari mulai memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah menikmati tebing-tebing granit ini.


Kalimat deskripsi yangtepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter.
B. Sebagian pemanjat tebing dunia telah mengunjungi tempat ini untukdipanjatnya. 
C. Banyak orang membandingkan Lembah Harau yang indah dengan “GrandCanyon”. 
D. Pengunjung menikmati keindahan alamnya dalam udara yang sangat segar danbersih. 
E. Tebing granit di Lembah Harau sudah lama menjadi daya tarik wisataProvinsi Sumatra Barat.

43. Cermati paragraf berikut!

Sudah sekian tahun Pak Ibnu meninggal dunia, tetapi orang masih mengenangnya, Ia orang yang sangat taat menjalankan ibadah dan sangat dermawan. Walaupun Ia kaya raya, namun ia tetap rendah hati. Ia sangat peduli dengan orang lain terlebih orang-orang yang berada di sekitarnya.


Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebutadalah
A. Hancur badan dikandung tanah, budi baik dikenang Jua.
B. Karena nila setitik rusak susu sebelanga.
C. Bunga yang harum itu ada juga durinya
D.  Belakang parang pun kalau diasah pasti tajam juga.
E.  Buruk muka cermin dibelah.

44. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!

Peneliti sudah menemukan obat yang dapat membasmi sel kanker, meskipun diberikan dengan dosis rendah. Kanker prostat yang ... bisa dengan dihancurkan oleh senyawa ini,” ungkap DR. Cuthy Cutler, seorang profesor sekaligus penulis penelitian ini.


Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraftersebut adalah ....

A. agresive, eIektif
B. agresive, efektive
C. agresiv, efektiv
D. agresif, efektif
E. agresife, efektife

45. Cermati gurindam berikut!


Marilah kita tekun menabung
Agar hidup kita tersarnbung


Maksud isi gurindam tersebutadalah....
A. Jika uang tidak ditabung, pinjamkan kepada orang lain yang Iebihmembutuhkan.
B. Rajinlah menabung agar uang tidak terus-menerus digunakan untukberbelanja 
C. Bila kita rajin menabung, uang tabungan tersebut dapat digunakan untukmembantu orang lain
D. Bila kita rajin menabung, kita dapat terus menyambung tali silaturahmidengan keluarga lainnya.  
E. Rajinlah menabung agar kebutuhan hidup di masa yang akan datang dapatterpenuhi

46.  Cermati kalimat berikut!
Kalimat argumen yangmendukung kalimat pendapat tersebut adalah ..... 
A. (1) dan (2) 
B. (1) dan (3)  
C. (2) dan 4)  
D. (3) dan (5)  
E. (4) dan (5)


47. Cermati kalimat berikut!

Hamparan-haparan ratusan kotak beton di kota itu merupakan jebakan walet yang dibangun oleh manusia tujuan untuk memindahkan walet daripada kehidupan lepas terbang di pantai.

Perbaikan kalimat tersebutdengan alasan yang tepat adalah … .
(1)  Kata ulang hamparan-hamparan tidaktepat karena diiring oleh kata ratusanyang berarti jamak/banyak.
(2)  Penggunaan kata dibangun tidak tepatseharusnya diganti dengan dibikinyang memiliki arti dibuat
(3)  Kata tujuan dan untuk harus harus dibuang salah satukarena maknanya sama.
(4)  Penggunaan kata daripada tidak tepat karena bukan menyatakan perbandingan, seharusnya kata dari
(5)  Kata terbang lepas kurang tepat,seharusnya mengudara tinggi


Pernyataan yang tepatuntuk perbaikan kalimat tersebut adalah … .
A.  (1), (2), dan (3)
B.  (1), (3), dan (4)
C.   (2), (3), dan (4)
D.   (2), (3), dan (5)
E.   (3), (4), dan (5)


48.  Bacalah paragrafberikut dengan cermat!

Predikat kotaYogyakarta bukan hanya sekedar (1) kota pelajar dan parawisata, melainkangudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan Industri kecil kerajinanberkembang di daerah ini, mulai dari skala kecil, misalnya souvenir (2) hasilindustri rumah tangga hingga skala (3) besar yang bertaraf (4)internasional.Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (5) dunia.

Ejaan yangperlu diperbaiki pada kata bernomor yang terdapat pada paragraf tersebutadalah... .
A. (1) sekedar seharusnya sekadar
B. (2) souvenir seharusnya sovenir
C. (3) skala seharusnya sekala
D. (4) bertaraf seharusnya bertarap
E. (5)tren seharusnya trend 


49.Cermati larik pantun berikut!

Di malam hari menonton wayang
Dalangnya bercerita piawai sekali
Dalam sehari-hari berkasih sayang

Larik yang tepat untukmelengkapi pantun tersebut adalah … . 
A. Hidup damai senanglah hati 
B. Janganlah bimbang mari kemari 
C. Membaca tembang, kita menari 
D. Siapa bilang, tak senang di sini 
E. Selamat datang, tuan putri 


50. Cermati kalimat berikut!


Kalimat tanya yang mempunyaitujuan sama dengan kalimat bercetak miring tersebut adalah...
A. Sudahkah Anda menggunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikanpendarahan? 
B. Apakah Anda sudah menghentikan pendarahan dengan cepat dan tepat?  
C. Apakah handuk atau sejenisnya dapat menghentikan pendarahan? 
D. Mengapa handuk ataus sejenisnya digunakan untuk menghentikan pendarahan? 
E.  Siapakah yang dapat menghentikan pendarahan pada saat kritis? 


PENASARAN MAU COBA LAGI (DISINI)



Demikian contoh sederhana latihan online Soal Latihan UN UNBK(USBN) Program Kesetaran Program  Paket CMata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2019 (Program IPA,  IPS dan Bahasa). Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
======================================================




= Baca Juga =