Soal UTS IPA Kelas 6 SD/MI Semester 1 (Ganjil) Lengkap dengan Kunci Jawabannya
Anda mungkin menyukai postingan ini :
- Dalam kehidupan, kita sering kali menemukan perubahan-perubahan dari benda-benda. Sebagai contoh saat merebus air maka terjadi perubahan dari air menjadi gas yang disebut dengan menguap. Proses seperti ini dapat dikembangkan menjadi soal perubahan wujud benda. Tetapi untuk mampu menjawab soal perubahan wujud benda maka peserta didik sebaiknya mempunyai bagan seperti gambar berikut:Dari gambar tersebut peserta didik dapat memahami 6 bentuk perubahan benda. Pembahasan selengkapnya tentang materi perubahan wujud benda dapat dipelajari pada halaman Perubahan Wujud Benda Padat, Cair, dan Gas. Pada halaman ini kita akan fokus pada contoh soal perubahan wujud benda beserta jawaban dan pembahasan detailnya.Soal Perubahan Wujud BendaSoal 1Kegiatan yang menunjukkan adanya pemanfaatan perubahan wujud mencair adalah ….A. menjemur pakaian di bawah sinar matahariB. memanaskan mentega saat akan memasakC. meletakkan bensin di tempat terbukaD. pembuatan es keringJawaban: BPembahasan:– menjemur pakaian di bawah sinar matahari merupakan perubahan wujud dari cair menjadi gas (menguap)– memanaskan mentaga merupakan bentuk perubahan wujud dari padat menjadi cair (mencair)– meletakkan bensin di tempat terbuka merupakan perubahan wujud dari cair menjadi gas (menguap)– pembuatan es kering merupakan perubahan wujud dari cair menjadi padat (membeku)Soal 2Munculnya titik-titik air di bagian luar gelas ketika gelas diisi air es menunjukkan peristiwa ….A. mengembunB. mencairC. membekuD. menguapJawaban: APembahasan:Ketika gelas diisi dengan air es maka bagian luar gelas akan muncul titik-titik air karena uap di sekitar gelas mengalami perubahan dari gas menjadi titik-titik air yang disebut mengembun.Soal Perubahan Wujud Benda 3Kegiatan yang memanfaatkan perubahan wujud membeku adalah ….A. menjemur pakaian di bawah terik matahariB. penggunaan es kering dalam pertunjukanC. pembuatan garam dapurD. pembuatan agar-agarJawaban: DPembahasan:– menjemur pakaian di bawah terik matahari merupakan perubahan wujud dari cair menjadi gas (menguap)– penggunaan es kering dalam pertunjukan merupakan perubahan wujud dari padat menjadi gas (menyublim)– pembuatan garam merupakan perubahan wujud dari cair menjadi gas (menguap) sehingga tersisa kristal-kristal garam– pembuatan agar-agar merupakan perubahan wujud dari cair menjadi padat (membeku)Soal 4Kegiatan berikut yang memanfaatkan perubahan wujud menyublim adalah ….A. menjemur pakaian basah agar menjadi keringB. memanaskan mentega untuk memasakC. meletakkan kamper di almari agar pakaian harumD. memasukkan air dalam freezerJawaban: CPembahasan:– menjemur pakaian di bawah sinar matahari merupakan perubahan wujud dari cair menjadi gas (menguap)– memanaskan mentaga merupakan bentuk perubahan wujud dari padat menjadi cair (mencair)– meletakkan kamper di almari merupakan perubahan wujud dari padat menjadi gas (menyublim)– pembuatan es batu merupakan perubahan wujud dari cair menjadi padat (membekuSoal 5Perhatikan gambar berikut!sumber: dapurnesia.comKegiatan yang mengalami perubahan wujud sama dengan gambar adalah ….A. membuat agar-agar dan memasukkan air ke dalam freezerB. menjemur baju dan meletakkan bensin di tempat terbukaC. meletakkan minyak goreng di tempat dingin dan pembuatan garamD. memanaskan lilin untuk membatik dan meletakkan es batu di ruang terbukaJawaban: BPembahasan:– gambar tersebut menunjukkan perubahan dari air menjadi uap (menguap)– membuat agar-agar merupakan perubahan wujud dari cair menjadi padat (membeku)– memasukkan air ke dalam freezer merupakan perubahan wujud dari cair menjadi padat (membeku)– menjemur baju merupakan perubahan wujud dari cair menjadi gas (menguap)– meletakkan bensin di tempat terbuka merupakan perubahan wujud dari cair menjadi gas (menguap)– meletakkan minyak goreng di tempat dingin merupakan perubahan wujud dari cair menjadi padat (membeku)– pembuatan garam merupakan perubahan wujud dari air menjadi uap (menguap) dan menyisakan kristal garam– memanaskan lilin merupakan perubahan wujud dari padat menjadi cair (mencair)– meletakkan es batu di ruang terbuka merupakan perubahan wujud dari padat menjadi cair (mencair)
- Sumber Daya Alam (SDA) adalah segala sesuatu di alam yang didapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Pengembangan soal tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan sumber daya alam tidak dapat terlepas dari dua golongan tersebut. A. Soal Sumber Daya Alam Yang Dapat DiperbaruiCiri-ciri sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu sumber daya alam tersebut berasal dari makhluk hidup atau mudah untuk diciptakan kembali.Soal 1Berikut ini kelompok sumber daya alam yang terbaharui adalah ….A. kerosin, lateks, dan terpentinB. lateks, parafin, dan kemenyanC. terpentin, kerosin, dan premiumD. kemenyan, lateks, dan terpentinJawaban: DPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: lateks (getah karet), terpentin (getah pinus), kemenyan (getah pohon)– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: kerosin (minyak tanah), parafin (lilin dari minyak bumi), premiumSoal 2Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah ….A. terpentin, emas, dan minyak bumiB. minyak sawit, terpentin, dan kopraC. grafit, minyak sawit, dan rotanD. pinus, belerang, dan batu baraJawaban: BPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: terpentin (getah pinus), minyak sawit, kopra, rotan, pinus– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: emas, minyak bumi, grafit, belerang, batu baraSoal Sumber Daya Alam 3Sumber daya alam berikut yang termasuk dapat diperbaharui adalah ….A. biogas, spiritus, dan vaselinB. biogas, terpentin, dan serat nilonC. minyak sawit, biosolar, dan mutiaraD. serat katun, kesuburan tanah, antrasitJawaban: CPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: biogas, spiritus, terpentin (getah pinus), minyak sawit, mutiara, serat katun, kesuburan tanah– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: vaselin (jeli minyak bumi), nilon (serat dari minyak bumi), antrasit (batu bara)Soal 4Perhatikan gambar berikut!Sumber daya alam yang tampak pada gambar dapat dimanfaatkan untuk ….A. pembuatan biosolarB. bahan kosmetikC. pembuatan spiritusD. bahan pembuatan kainJawaban: CPembahasan: Tebu dapat diolah menjadi bahan pembuatan spiritusBaca Juga : Tahapan Siklus Air di BumiB. Soal Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat DiperbaruiCiri-ciri sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui biasanya berupa bahan tambang yang proses pembentukan kembali memakan waktu yang sangat lama.Soal 1Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah ….A. batu bara dan emasB. mutiara dan intanC. cahaya matahari dan kerosinD. gelombang air laut dan geothermalJawaban: APembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: mutiara, cahaya matahari, gelombang laut, dan geothermal– sumber daya alam yang tidak dapat diberbarui: batu bara, emas, intan, kerosinSoal 2Sumber daya alam berikut ini yang tidak dapat diperbaharui adalah ….A. kopra, terpentin, dan spiritusB. aspal, avtur, dan terpentinC. kopra, avtur, dan spiritusD. aspal, avtur, dan timahJawaban: DPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: kopra, terpentin (getah pinus), spiritus– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: aspal, avtur, timahSoal 3Perhatikan tabel berikut!NoSumber Daya Alam1emas2damar3batu bara4terpentin5aspal6karetSumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ditunjukkan oleh nomor ….A. 1, 2, dan 6B. 1, 3, dan 5C. 2, 3, dan 5D. 2, 4, dan 6Jawaban: BPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: damar, terpentin (getah pinus), karet– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: emas, batu bara, aspalSoal 4Berikut ini contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah ….A. pulp, platina, dan intanB. kapas, damar, dan spiritusC. bauksit, batu bara, dan kerosinD. terpentin, rotan, dan mutiaraJawaban: CPembahasan:– sumber daya alam yang dapat diperbarui: pulp (bubur kertas), kapas, damar, spiritus, terpentin (getah pinus), rotan, mutiara– sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui: platina, intan, bauksit, batu bara, kerosin (minyak tanah)
- Daur air adalah siklus yang dialami oleh air yang ada di bumi. Pengembangan materi pembelajaran daur air dapat dikembangkan menjadi berbagai variasi soal. Sebagian besar soal yang beredar dititik beratkan pada tahap infiltrasi.Kumpulan Soal Daur AirSoal 1Prediksi yang terjadi pada tahap infiltrasi jika banyak penebangan pohon dan pembangunan perumahan adalah ….A. proses peresapan air tanah tidak maksimal B. hewan akan kehilangan tempat tinggalC. tanah dapat menyimpan air hujanD. membuat jalan semakin panasJawab: APembahasan: Tahap infiltrasi adalah proses peresapan air ke dalam pori-pori tanah. Jika pori-pori tanah menjadi terhalang oleh pembangunan perumahan, maka proses peresapan tidak maksimal.Soal 2Jika terjadi penebangan hutan secara liar dan sembarangan, maka dampak yang timbul pada proses infiltrasi adalah ….A. terhambatnya aliran air hujan ke sungaiB. terjadi kekeringan air permukaanC. berkurangnya curah hujanD. air tanah berkurangJawab: DPembahasan: Air tanah akan berkurang karena kemampuan tanah dalam menyimpan air perlu didukung oleh akar-akar dari tumbuhan yang ada di hutan.Baca Juga : Tahapan Siklus Air di BumiSoal 3Perhatikan gambar berikut!Proses transpirasi dan pengendapan ditunjukkan oleh nomor ….A. 1 dan 4B. 2 dan 4C. 3 dan 6D. 3 dan 8Jawab: CPembahasan:1. evaporasi2. evaporasi3. transpirasi4. kondensasi6. presipitasi8. infiltrasiSoal 4Dampak yang terjadi jika proses daur air pada tahap infiltrasi terganggu adalah ….A. air di bumi berkurangB. air sungai berkurangC. air tanah berkurangD. air tanah tercemarJawab: CPembahasan: Jika tahap infiltrasi terganggu maka air tanah berkurang.Soal 5Penebangan hutan secara liar menyebabkan terganggunya salah satu tahap daur air. Tahapan yang terganggu akibat kegiatan tersebut adalah ….A. evaporasi karena penguapan semakin cepatB. kondensasi karena pengembunan tidak maksimalC. presipitasi karena air tercemar asap dari alat tebangD. infiltrasi karena penyerapan air tanah berkurangJawab: DPembahasan: Penebangan hutan secara liar menyebabkan pori-pori tanah tidak dapat menampung air secara maksimal. Hal ini menyebabkan kemampuan penyerapan air tanah berkurang.Soal 6Dampak negatif dari betonisasi jalan dan pembangunan permukiman adalah ….A. tanah menjadi mudah erosi karena genangan airB. berkurangnya air tanah karena fase infiltrasi terhambatC. fase limpasan pada daur air terhambat karena lahan tergenangD. kesuburan tanah meningkat karena genangan air membawa humusJawab: BPembahasan: betonisasi dan pembangunan permukiman menghambat tahap infiltrasi yang mengakibatkan berkurangnya air tanah.Soal 7Prediksi yang terjadi apabila terjadi kerusakan hutan adalah ….A. terjadinya polusi udaraB. peresapan air semakin baikC. bertambahnya sumber air tanahD. tanah humus mudah terbawa arus air hujanJawab: DPembahasan: Jika hutan mengalami kerusakan maka humus yang ada di lapisan atas tanah akan terbawa arus ketika hujan terjadi.Soal 8Proses berubahnya uap air di atmosfer menjadi titik-titik air akibat suhu yang rendah disebut ….A. evaporasiB. kondensasiC. presipitasiD. infiltrasiJawaban: CPembahasan:– evaporasi: proses penguapan air– kondensasi: perubahan uap air menjadi partikel es– presipitasi: perubahan awan menjadi titik air, embun, atau salju– infiltrasi: meresapnya air ke dalam tanahSoal 9Prediksi peristiwa yang terjadi apabila tahapan daur air pada proses presipitasi terganggu karena cuaca panas yang ekstrem adalah ….A. curah hujan menurun akibat terganggunya proses pengembunanB. bencana banjir akibat terganggunya proses penyerapanC. hilangnya sumber mata air akibat berkurangnya daerah resapanD. penurunan tingkat kesuburan tanah akibat erosiJawaban: APembahasan: Jika proses presipitasi (pembentukan titik-titik air) terganggu karena cuaca panas maka tidak akan tercipta titik-titik air yang berakibat rendahnya curah hujan.Soal 10Peristiwa yang terjadi apabila daur air pada proses infiltrasi terganggu adalah ….A. timbulnya mata air baruB. melimpahnya cadangan airC. bertambahnya daerah resapan airD. tanah mudah terkikis oleh air hujanJawab: DPembahasan: Jika proses infiltasi (peresapan air ke dalam tanah) terganggu maka tanah akan terkikis karena tidak kuat menampung air hujan.
- Ekosistem adalah hubungan antara lingkungan dengan makhluk hidup yang tak terpisahkan. Komponen ekosistem terdiri dari lingkungan abiotik (tak hidup) dan biotik (makhluk hidup). Hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem tersebut membentuk rantai makanan. Pada halaman ini akan dikembangkan soal yang berkaitan dengan rantai makanan, serta hubungan yang terjadi di dalamnya.Soal Rantai MakananSoal rantai makanan akan dikelompokkan menjadi dua yaitu soal yang mudah dan soal sukar. Pada bagian pertama akan ditampilkan soal rantai makanan yang mudah. Pada bagian kedua akan ditampilkan soal yang lebih sukar.A. Soal Rantai Makanan MudahSoal 1Perhatikan rantai makanan berikut!Tanaman kedelai -> belalang -> (X) -> ular -> penguraiMakhluk hidup yang tepat menduduki rantai makanan pada huruf (X) adalah ….A. elangB. musangC. katakD. tikusJawaban: CPembahasan:jawaban A salah karena belalang tidak dimakan elangjawaban B salah karena belalang tidak dimakan musangjawaban D salah karena belalang tidak dimakan tikusSoal 2Rantai makanan yang terjadi pada ekosistem kebun adalah ….A. bayam -> belalang -> tikus -> ularB. bayam -> ulat -> ular -> musangC. bayam -> belalang -> ulat -> ularD. bayam -> ulat -> ayam -> musangJawaban: DPembahasan:jawaban A salah, tikus tidak makan belalangjawaban B salah, ular tidak makan ulatjawaban C salah, ular tidak makan ulatSoal Rantai Makanan 3Perhatikan rantai makanan berikut!jagung -> (X) -> katak -> (Y) -> elangOrganisme yang menduduki huruf X dan Y berturut-turut adalah ….A. tikus dan ularB. belalang dan ularC. ulat dan belalangD. ular dan tikusJawaban: BPembahasan:Jagung bisa dimakan tikus, belalang, dan ulat. Katak bisa dimakan ular.Soal 4Rantai makanan yang terbentuk pada komunitas kebun adalah ….A. daun jambu -> ulat -> ayam -> musangB. daun jambu -> ulat -> belalang -> ayamC. daun jambu -> burung -> ulat -> elangD. daun jambu -> katak -> ular -> elangJawaban: APembahasan:jawaban B salah karena belalang tidak makan ulatjawaban C salah karena burung tidak makan daun jambujawaban D salah karena katak tidak makan daun jambuSoal 5Rantai makanan yang terjadi pada ekosistem sawah adalah ….A. padi -> belalang -> katak -> elangB. padi -> bangau -> ular -> elangC. padi -> tikus -> ular -> bangauD. padi -> katak -> ular -> elangJawaban: APembahasan:jawaban B salah karena bangau tidak makan padijawaban C salah karena bangau tidak makan ularbangau makan katak, ikan, serangga, cacing, burung kecil dan mamalia kecil dari lahan basah dan pantaijawaban D salah karena katak tidak makan padiBaca Juga : Rantai MakananB. Soal Rantai Makanan SukarSoal 1Pada ekosistem kebun terdapat makhluk hidup yang terdiri dari ular, belalang, jagung, dan burung kutilang, yang membentuk rantai makanan. Burung kutilang banyak ditangkap untuk diperjualbelikan, sehingga populasinya menurun drastis. Akibat yang terjadi adalah ….A. panen jagung meningkat dan ular berkurangB. hama belalang merajalela dan panen jagung meningkatC. ular berkurang dan hasil panen jagung menurunD. belalang menurun dan ular bertambah banyakJawaban: CPembahasan:Rantai makanan pada ekosistem kebun: jagung -> belalang -> burung kulitang -> ular.Jika burung kutilang menurun maka ular menurun, belalang meningkat, jagung menurun.Soal 2Pada ekosistem sungai terdapat ganggang, ikan nila dan berang-berang. Kemudian, sekelompok burung bangau tinggal pada ekosistem tersebut dalam jangka waktu lama. Kemungkinan yang akan terjadi pada ekosistem tersebut adalah ….A. populasi ganggang meningkat sedangkan populasi ikan nila menurunB. populasi ganggang menurun sedangkan populasi berang-berang meningkatC. populasi ganggang dan berang-berang meningkatD. populasi ganggang dan berang-berang menurunJawaban: APembahasan:Rantai makanan pada ekosistem sungai: ganggang -> ikan nila -> berang-berang dan bangau. Sumber makanan berang-berang dan bangau sama yaitu ikan nila maka jumlah ikan nilanya berkurang, ganggangnya meningkat.Soal Rantai Makanan 3Pada ekosistem kebun terdapat tanaman kacang, elang, burung kutilang, dan ulat. Jika dalam ekosistem tersebut datang burung prenjak, kemungkinan yang akan terjadi pada ekosistem tersebut adalah ….A. hasil panen kacang turun dan populasi ulat naikB. populasi ulat naik dan populasi elang menurunC. hasil panen kacang naik dan populasi ulat menurunD. populasi elang naik dan populasi kutilang berkembang pesatJawaban: CPembahasan:Rantai makanan pada ekosistem kebun: kacang -> ulat -> burung kutilang dan prenjak -> elang. Burung kutilang dan prenjak sama-sama memangsa ulat, jadi jumlah ulat menurun, karena jumlah ulat menurun maka hasil panen meningkat. Burung elang jumlahnya juga bisa meningkat karena makanannya (kutilang dan prenjak) menjadi banyak.Soal 4Dalam ekosistem sawah terdapat komponen rantai makanan yang terdiri dari padi, ular, katak, elang, dan belalang. Jika dalam ekosistem tersebut ular banyak diburu oleh manusia, maka hal yang mungkin terjadi adalah ….A. panen padi meningkat karena populasi belalang menurunB. populasi elang meningkat sehingga panen padi meningkatC. populasi katak meningkat sehingga panen padi menurunD. panen padi menurun karena populasi belalang meningkatJawaban: APembahasan:Rantai makanan pada ekosistem sawah: padi -> belalang -> katak -> ular -> elang. Jumlah ular menurun karena diburu manusia maka jumlah katak meningkat, belalang menurun, padi meningkat, dan elang menurun.Soal 5Perhatikan rantai makanan berikut!rumput -> belalang -> tikus -> ular -> elang -> bakteri penguraiKegiatan perburuan ular hingga populasinya menurun drastis berakibat pada tidak seimbangnya rantai makanan tersebut. Dampak dari penurunan populasi ular adalah ….A. belalang berkembang dengan cepatB. elang berkembang dengan cepatC. tikus berkembang dengan cepatD. bakteri pembusuk akan punahJawaban: CPembahasan:Pada rantai makanan tersebut jika ular menurun maka tikus akan meningkat, belalang menurun, dan rumput meningkat.Demikian kumpulan soal rantai makanan beserta pembahasannya, semoga kumpulan soal ini dapat membantu guru dan peserta didik dalam belajar.