Bermula dari pengalaman pribadi untuk mengajukan permohonan Mutasi dengan harapan mendekatkan diri dengan keluarga. Untuk memperlancar hal tersebut, kami mencoba berkomunikasi dengan kepala sekolah yang kemudian disarankan untuk berkonsultasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten pada bagian Guru dan Tenaga Kependidikan.Dari hasil konsultasi tersebut kami memperoleh informasi jika guru ingin mengajukan mutasi maka harus mempertimbangkan sekolah yang akan ditinggalkan. Apakah jumlah guru masih mencukupi jika ditinggalkan, karena jangan sampai dengan mutasi penulis maka menjadikan masalah bagi sekolah yang ditinggalkan. Dan apabila jumlah guru kurang maka solusinya kita harus aktif mencari pengganti supaya proses mutasi dapat segera dikabulkan.Pada kasus ini, sekolah akan kekurangan guru jika kami mengajukan mutasi. Maka jalan terbaik adalah aktif mencari guru yang mau menggantikan posisi kami dalam artian tukar tempat kerja. Era digital seperti sekarang ini sangat memudahkan guru untuk saling berkomunikasi, melalui media social akhirnya kami memperoleh rekan guru yang siap untuk saling mengisi posisi.Baca Juga : Aplikasi Pembuat Teka-Teki Silang OtomatisBerkas Mutasi GuruAkhirnya kami kembali melakukan konsultasi untuk memperoleh informasi syarat-syarat yang diperlukan untuk proses mutasi ini. Berikut ini dokumen-dokumen permohonan mutasi yang harus dilengkapi guru : 1. Surat Permohonan (klik untuk download) 2. Rekomendasi Kepala Sekolah (klik untuk download) 3. Data Nominatif dan Formasi Guru (klik untuk download) 4. Daftar Riwayat Hidup (DRH) (klik untuk download) Kemungkinan syarat-syarat akan bertambah jika mutasi dilakukan antar kabupaten atau antar provinsi. Selain itu dibeberapa kabupaten dan provinsi diberlakukan tes untuk dapat masuk.Sarana Informasi Mutasi GuruKarena besarnya kunjungan kehalaman ini penulis persilahkan Bapak dan Ibu meninggalkan komentar menggunakan G+ dibawah dengan menyertakan kabupaten yang ingin Bapak dan Ibu jadikan tujuan, siapa tahu nantinya ada yang berkeinginan saling tukar tempat.Bapak dan Ibu juga bisa membagikan pengalaman mengurus proses mutasi dan jika ada dapat juga disertakan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pengurusan mutasi tersebut.Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bapak dan Ibu guru yang akan mengajukan permohonan mutasi.
Bermula dari pengalaman pribadi untuk mengajukan permohonan Mutasi dengan harapan mendekatkan diri dengan keluarga. Untuk memperlancar hal tersebut, kami mencoba berkomunikasi dengan kepala sekolah yang kemudian disarankan untuk berkonsultasi dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten pada bagian Guru dan Tenaga Kependidikan.
Dari hasil konsultasi tersebut kami memperoleh informasi jika guru ingin mengajukan mutasi maka harus mempertimbangkan sekolah yang akan ditinggalkan. Apakah jumlah guru masih mencukupi jika ditinggalkan, karena jangan sampai dengan mutasi penulis maka menjadikan masalah bagi sekolah yang ditinggalkan. Dan apabila jumlah guru kurang maka solusinya kita harus aktif mencari pengganti supaya proses mutasi dapat segera dikabulkan.
Pada kasus ini, sekolah akan kekurangan guru jika kami mengajukan mutasi. Maka jalan terbaik adalah aktif mencari guru yang mau menggantikan posisi kami dalam artian tukar tempat kerja. Era digital seperti sekarang ini sangat memudahkan guru untuk saling berkomunikasi, melalui media social akhirnya kami memperoleh rekan guru yang siap untuk saling mengisi posisi.
Baca Juga : Aplikasi Pembuat Teka-Teki Silang Otomatis
Berkas Mutasi Guru
Akhirnya kami kembali melakukan konsultasi untuk memperoleh informasi syarat-syarat yang diperlukan untuk proses mutasi ini. Berikut ini dokumen-dokumen permohonan mutasi yang harus dilengkapi guru :
1. Surat Permohonan (klik untuk download)
2. Rekomendasi Kepala Sekolah (klik untuk download)
3. Data Nominatif dan Formasi Guru (klik untuk download)
- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah meluncurkan Sistem Verifikasi Ijazah Secara Online (SIVIL) dan Program Penomoran Ijazah Nasional (PIN). Program ini mulai aktif pada tanggal 2 Mei 2016 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional dan efektif berjalan mulai September 2016.Program ini terintegrasi dengan pangkalan data pendidikan tinggi. Sehingga pengecekan ijazah dapat dilakukan dengan cara cek ijazah secara online.Baca Juga : Berapa Gaji Guru PNS di IndonesiaSistem verifikasi ijazah secara online ini juga sebagai solusi maraknya penipuan ijazah palsu membuat masyarakat umum menjadi resah apakah ijazah yang mereka dapat terdaftar di kemenristekdikti. Selain itu juga digunakan pemerintah untuk memantau statistik lulusan setiap tahunnya.Cara Cek Ijazah Secara OnlineCara untuk melihat apakah ijazah Anda terdaftar di kemenristekdikti cukup mudah :Siapkan ijazah Anda terutama pada nomor ijazah dan nama perguruan tinggi. Karena sistem verifikasi menggunakan nomor ijazah dan nama perguruan tinggi.Kunjungi laman resmi kemenristek melalui belmawa.ristekdikti.go.id/ijazahMasukkan nama perguruan tinggi sesuai dengan ijazah AndaMasukkan nomor ijazah secara lengkap, termasuk garis miring (/) dan tanda-tanda lainJawab kode pangaman sesuai pertanyaan, langkah ini hanya untuk memastikan bahwa yang melakukan verifikasi benar-benar manusia bukan robotKlik pada CariJika ijazah anda terdaftar, maka akan segera muncul keterangan dibawah sistem verifikasi ini. Menyebutkan identitas pemilik ijazah
- Berita tentang Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2017 telah hangat dibicarakan. Sebagaimana dikutip dari berbagai media nasional, bahwa pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan tidak menaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2017.Hal ini disampaikan oleh Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Keuangan, Kunta W.D Nugraha, Tidak ada kenaikan gaji PNS di tahun depan. Jadi kebijakannya sama dengan tahun ini.Meskipun gaji tidak naik, tapi anda patut lega karena pemerintah tetap akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) biasa disebut gaji ke-14 dan gaji ke-13 untuk tahun depan.Sebagai gambaran bahwa anggaran untuk gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2016 sebesar 6,4 triliun rupiah, sedangkan anggaran untuk Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar 5,2 triliun rupiah.
- Sudah menjadi kebiasaan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) setiap tahunnya mendapatkan gaji ke-13. Tak terkecuali tahun 2020 ini, pemerintah telah menerbitkan PP Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, Atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pegawai Nonpegawai Negeri Sipil, Dan Penerima Pensiun Atau Tunjangan. PP ini ditetapkan sekaligus diundangkan pada tanggal 7 Agustus 2020.Berdasarkan PP Nomor 44 Tahun 2020 pasal 2, yang mendapatkan gaji ke-13 ini tidak hanya PNS, tetapi juga diberikan kepada prajurit TNI, Anggota POLRI, sampai dengan penerima pensiun dan CPNS. Pada pasal 4 juga disampaikan bahwa beberapa pegawai tidak akan menerima gaji ke-13. Mulai dari presiden dan wakil presiden, MPR, DPR, sampai dengan PNS, prajurit TNI, dan anggota POLRI yang ditugaskan di luar instansi yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasan.Baca juga: Besaran Gaji Seorang GuruPencairan gaji ke-13 bagi PNS akan dicairkan pada bulan Agustus tahun 2020. Besaran yang akan diterima sesuai dengan gaji yang diterima pada bulan Juli 2020 yang meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Sedangkan untuk CPNS akan diberikan 80% dari gaji pokok ditambah tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.Gaji ke-13 yang akan diterima tidak akan dikenakan beragam potongan seperti gaji setiap bulannya, tetapi tetap akan dikenakan pajak penghasilan sesuai dengan aturan yang berlaku. PP Nomor 44 Tahun 2020 dapat Anda unduh di sini atau dapat mengunjungi laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.
4. Daftar Riwayat Hidup (DRH) (klik untuk download)
Kemungkinan syarat-syarat akan bertambah jika mutasi dilakukan antar kabupaten atau antar provinsi. Selain itu dibeberapa kabupaten dan provinsi diberlakukan tes untuk dapat masuk.
Sarana Informasi Mutasi Guru
Karena besarnya kunjungan kehalaman ini penulis persilahkan Bapak dan Ibu meninggalkan komentar menggunakan G+ dibawah dengan menyertakan kabupaten yang ingin Bapak dan Ibu jadikan tujuan, siapa tahu nantinya ada yang berkeinginan saling tukar tempat.
Bapak dan Ibu juga bisa membagikan pengalaman mengurus proses mutasi dan jika ada dapat juga disertakan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pengurusan mutasi tersebut.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bapak dan Ibu guru yang akan mengajukan permohonan mutasi.